Pakistan latihan tempur udara dengan JF-17 jelang India terima Rafale

JF-17PAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Udara Pakistan (PAF) melakukan serangkaian latihan operasi udara menggunakan jet tempur JF-17 Thunder. Latihan dilaksanakan sebelum negara tetangganya, India, menerima pengiriman kelompok pertama jet tempur Rafale dari Perancis.

Latihan operasi dilaksanakan dari Pangkalan Udara Skardu, yang berjarak 100 km dari Ladakh, India.

Airbus_contoh2

Pesawat melakukan aksi latihan di Gilgit-Baltistan, wilayah yang diklaim India sebagai bagian dari Kashmir yang dipersengketakan.

Televisi Pasikstan, PTV, menyiarkan Kepala Staf PAF Marsekal Mujahid Anwar Khan, telah mengunjungi Pangkalan Udara Skardu pada hari Sabtu (25/7/2020) untuk menyaksikan latihan tempur tersebut.

Latihan dimulai pada 24 Juli dengan melibatkan elemen-elemen pendukung tempur.

JF-17 merupakan salah satu jet tempur multiperan andalan Pakistan yang dikembangkan oleh Pakistan Aeronautical Complex (PAC) dengan Chengdu Aircraft Corporation (CAC) dari China.

JF-17

Jet tempur kelas medium bermesin tunggal ini memiliki sejumlah keunggulan membawa persenjataan buatan China. Seperti rudal udara ke udara PL-5, PL-9, bahkan untuk generasi terbaru mampu meluncurkan rudal udara ke udara jarak jauh PL-15.

Untuk rudal udara ke permukaan ada rudal jelajah nuklir Ra’ad buatan Pakistan dan juga rudal anti-kapal C-802AK (YJ-83), C-803 (YJ-83), dan CM-400AKG (YJ-12) buatan China.

PAF saat ini memiliki lebih dari 100 unit JF-17 dan akan menambahnya lagi hingga menjadi 200 unit.

Roni Sontani

One Reply to “Pakistan latihan tempur udara dengan JF-17 jelang India terima Rafale”

  1. Dah , Perang tinggal Perang aja ko masih mikir , langsung aja buktikan kesungguhan hati kalo Mao perang mah , katanya punya Nuklir , tinggal Pencet Tombol Aja Ko Susah Amat , Kita Liat Siapa Yang Menang Dan Menangis Bayi Nya ???

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *