Pasukan Rusia akhirnya berhasil memboyong tank Leopard 2A6 Ukraina ke negaranya

Leopard 2A6 Ukraina
ROE

AIRSPACE REVIEW – Tentara Rusia akhirnya berhasil menangkap dan memboyong tank tempur utama Leopard 2A6 buatan Jerman yang dipasok ke Ukraina.

Kemungkinan besar tank tersebut milik Brigade Mekanik ke-47 Angkatan Bersenjata Ukraina yang rusak atau hancur di dekat Desa Avdiivka pada Oktober 2023. Video mengenai penangkapan tank ini beredar pada 21 April 2024 melalui jejaring media sosial Rusia.

Boeing_contoh2

Diperkirakan Leopard 2A6 akan segera menjalani pemeriksaan mendetail oleh militer Rusia sebelum dipajang di depan umum sebagai trofi perang.

Meskipun sudah lama ditinggalkan pasukan Ukraina, tank Leopard 2A6 tersebut tidak dapat dievakuasi lebih awal karena kedekatannya dengan garis depan, menurut sumber-sumber Rusia.

Penundaan ini kemungkinan besar terjadi karena drone Ukraina dengan cepat dapat menargetkan dan menghancurkan kendaraan Rusia yang bertugas menarik tank yang ditangkap tersebut.

Untuk memfasilitasi pemindahannya dari medan perang, unit Rusia dilaporkan menggunakan bahan peledak untuk menghilangkan jejak Leopard 2A6 tersebut.

Pasukan Rusia sangat beruntung, karena Leopard 2A6 dianggap sebagai salah satu tank tempur utama paling kuat di dunia, dalam hal daya tembak, mobilitas, dan perlindungan.

Selain Leopard 2A6, pasukan Rusia telah berhasil menyita peralatan perang Barat lainnya seperti kendaraan tempur infanteri CV9040 Swedia, Marder 1A3 Jerman, M2A2 Bradley AS, M113 APC AS, dan AMX-10RCR Prancis.

Meskipun telah berhasil melumpuhkan tank kebanggaan AS, M1A2 Abrams, pasukan Rusia belum berhasil membawa monster darat canggih ini ke negaranya. -RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *