Trik Ukraina menyebarkan tank palsu Leopard 2A6 dari karet yang ditiup, namun sayang drone kamikaze Rusia tidak tertipu

Tank palsu dari karet yang ditiupIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Untuk mengelabuhi pasukan Rusia di medan tempur, Militer Ukraina menyebarkan umpan tiup (inflatable decoys) mirip tank Leopard 2A6.

Gambar umpan karet tiup Leopard 2A6 tersebut telah tersebar luas di media sosial, namun tak jelas kapan foto ini diambil.

Boeing_contoh2

Sayangnya umpan yang disebarkan ini berkualitas agak buruk dan tidak sesuai dengan ukuran asli tank sebenarnya. Tank Leopard 2A6 pun terlihat lebih kecil dari aslinya.

Alhasil, drone kamikaze pun tidak akan salah mengira umpan ini sebagai tank sungguhan. Hal ini hanya akan terjadi jika drone memiliki kualitas optik yang sangat buruk, lapor Bulgarian Military (30/10).

Tank-palsu-dari-karet-disebarkan-Ukraina
Istimewa

Siapa yang membuat umpan tiup Leopard 2A6 ini masih belum diketahui, apakah buatan lokal atau dari negara lain pendukung Ukraina.

Tidak diketahui juga seberapa efektif umpan palsu ini di medan perang.

Namun demikian, meskipun hancur, umpan palsu ini hanya memiliki harga yang jauh sangat murah dibandingkan versi kendaraan aslinya. Dan pastinya lagi tak akan menghilangkan nyawa prajurit.

Selain tank Leopard 2A6, diketahui pasukan Ukraina juga memiliki umpan palsu dari sistem HIMARS yang dipasok Amerika Serikat.

Boeing

-RBS-

One Reply to “Trik Ukraina menyebarkan tank palsu Leopard 2A6 dari karet yang ditiup, namun sayang drone kamikaze Rusia tidak tertipu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *