Tak biasa, Kazakhstan memesan A400M dengan warna glossy abu-abu

A400M Atlas KazakhstanAirbus Defence and Space
ROE

AIRSPACE REVIEW – Satu pesawat A400M Atlas pesanan Kazakhstan terlihat di fasilitas pengecatan milik Airbus Defense and Space. Ada yang menarik karena Kazakhstan memesan cat berwarna abu-abu glossy, tidak seperti pesanan A400M oleh negara lainnya yang menggunakan warna abu-abu doff.

Beberapa pihak menyebut warna pesawat A400M yang baru diluncurkan ini mengingatkan pada pesawat zaman film James Bond semasa Soviet masih ada. Di badan pesawat terlihat angkat “Bort” gaya Soviet. Pesawat ini mengesankan C-130 Hercules yang terlihat di akhir film The Living Daylights yang dicat agar terlihat seperti Antonov An-12.

Foto A400M Atlas (MSN139) yang baru dicat di lokasi perakitan akhir Airbus San Pablo di Seville, Spanyol, dirilis oleh Airbus Defence and Space beberapa hari lalu. MSN139 adalah salah satu dari dua A400M yang akan dikirimkan ke Republik Kazakhstan dan dijadwalkan akan diserahkan pada akhir tahun ini.

Di samping tanda Angkatan Udara Kazakhstan, termasuk lambang Kazakhstan yang terlihat di berbagai bagian pesawat, A400M juga menggunakan tanda “Bort” merah gaya Soviet dengan nomor 21 di bagian belakang badan pesawat. Model seperti ini juga digunakan oleh pesawat angkut militer China.

Penandaan Bort adalah angka dua hingga tiga digit yang ditemukan di sisi badan pesawat Soviet (diteruskan Rusia) yang mengidentifikasi masing-masing pesawat dalam unit tertentu.

Seperti Airspace Review beritakan sebelumnya, Kazakhstan memesan dua pesawat A400M pada tahun 2021. Pembelian pesawat ini akan memberikan peningkatan kemampuan penting bagi Angkatan Udara Kazakhstan. Pesawat mampu membawa hingga 37 ton muatan.

Kementerian Pertahanan Kazakhstan mengatakan, A400M akan digunakan untuk berbagai rangkaian misi, termasuk melakukan operasi pengangkutan udara taktis dan strategis serta penempatan jarak jauh dan misi kemanusiaan. (RNS)

One Reply to “Tak biasa, Kazakhstan memesan A400M dengan warna glossy abu-abu”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *