Rusia kembali mengirimkan empat helikopter serang Mi-35M baru ke Belarus

Mi-35M BelarusiaBelarus MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW – Rusia telah mengirimkan lagi empat helikopter serang Mi-35M baru ke Belarus. Hal ini diumumkan oleh Kementerian Pertahanan Belarusia pada 7 April lalu. Helikopter tersebut diproduksi oleh Industri Rusia dan akan digunakan oleh Angkatan Udara Belarus.

Pada Agustus 2022, Kementerian Pertahanan Belarus menandatangani kontrak dengan Federasi Rusia untuk total 12 helikopter Mi-35M.

Boeing_contoh2

Empat helikopter Mi-35M gelombang pertama diterima oleh Belarus pada 17 Agustus 2023, mundul lima bulan dari jadwal yang ditetapkan dalam kontrak.

Situasi militer dan ekonomi di Rusia akibat perang dengan Ukraina disinyalir memengaruhi mundurnya jadwal pengiriman helikopter pesanan Belarus.

Pengiriman gelombang kedua heli Mi-35M juga terlambat beberapa bulan diakibatkan oleh kondisi tersebut.

Helikopter Mi-35M yang dibeli Belarus memiliki berbagai keunggulan. Di antaranya adalah rotor ekor ganda berbentuk X yang baru. Hal ini meningkatkan kemampuan manuver helikopter secara signifikan.

Konsol pada heli ini berukuran lebih kecil, tetapi jauh lebih fungsional. Misalnya launch pad yang kini dapat menampung delapan peluru kendali, meningkat dari empat sebelumnya.

Kemampuan bertahan heli juga meningkat karena pemasangan sistem pertahanan udara Vitebsk generasi terbaru.

Boeing

Keunggulan lainnya, helikopter Mi-35M memiliki sistem rotor baru, bilah fiberglass baru yang lebih ringan, dan daya dorong mesin juga lebih bertenaga, kata seorang teknisi.

Dua mesin turbin gas baru yang digunakan heli Mi-35M memungkinkan heli terbang dengan kecepatan maksimum lebih dari 300 km/jam.

Sementara jangkauan penerbangan tanpa pengisian bahan bakar mencapai 460 km. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *