Belanda menambah tujuh radar kompak multimisi Ground Master 200 MM/C dari Thales

Radar GM200 MMCThales
ROE

AIRSPACE REVIEW – Belanda menambah pembelian tujuh radar Ground Master 200 Multi-Mission/Compact (GM200 MM/C) lagi. Pembelian ini merupakan tambahan dari sembilan pesanan pada tahun 2019, yang pertama dikirimkan pada bulan Februari lalu.

GM200 adalah radar jarak menengah dengan jangkauan hingga 250 km dan kecepatan putaran 20 rpm. Sistem buatan Thales, Prancis ini dilengkapi radar koordinasi senjata dengan jangkauan hingga 100 km dan kecepatan rotasi 40 rpm.

Radar pencari senjatanya menawarkan kemampuan deteksi dan pelacakan 360° terhadao roket, artileri, dan mortir. Sistem ini dirancang untuk memberikan deteksi, pelacakan dan klasifikasi secara simultan terhadap semua ancaman saat ini dan masa depan di medan perang modern, termasuk UAV.

Radar GM200 MM/C menghadirkan teknologi 4D Active Electronically Scanned Array (AESA) generasi baru dan teknologi dual-axis multi-beam yang memberikan fleksibilitas tak terbatas dalam ketinggian dan bantalan, serta menawarkan perlindungan teater yang lebih baik.

Pada bulan Mei 2021, Badan Materiil Pertahanan Norwegia menandatangani perjanjian dengan Organisasi Materiil Pertahanan Belanda untuk mengakuisisi lima radar Ground Master 200 Multi-Mission Compact (GM200 MM/C) dari Thales.

Selain Belanda, negara lain pengguna radar ini adalah Prancis, Georgia, Indonesia, Singapura, dan UEA. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *