Rusia menawarkan bantuan kepada mitra asing dalam membangun dan melengkapi pasukan lintas udara

BMD-4MROE
ROE

AIRSPACE REVIEW – JSC Rosoboronexport, bagian dari Rostec State Corporation, Rusia menawarkan layanan kepada pelanggan asing dalam mengatur dan melengkapi unit lintas udara sebagai bagian dari angkatan bersenjata nasional.

Perusahaan siap membantu dalam pembentukan struktur organisasi satuan lintas udara, pembangunan infrastruktur darat yang diperlukan, melengkapi satuan dengan segala jenis perlengkapan dan persenjataan militer serta melatih personel militer. Upaya Rosoboronexport akan menghasilkan munculnya cabang angkatan bersenjata pelanggan asing yang beroperasi penuh.

“Pengalaman operasi militer modern, kontra-teror dan penjaga perdamaian menunjukkan bahwa unit lintas udara adalah formasi taktis paling terlatih yang mampu dengan cepat mencapai tujuan di belakang garis musuh dan di garis depan wilayah pertempuran (FEBA). Mereka dapat melakukan serangan dengan sukses. untuk mengalahkan musuh, merebut dan mempertahankan wilayah dan fasilitas penting,” ungkap Alexander Mikheev, Direktur Jenderal Rosoboronexport.

Ia menambahkan, Rosoboronexport menawarkan negara-negara sahabat untuk melaksanakan proyek pembangunan, perlengkapan dan pelatihan unit lintas udara, mengingat kekayaan tradisi dan pengalaman tempur Angkatan Udara Rusia. Perusahaan melihat potensi besar dari tawarannya di kawasan Asia-Pasifik, Timur Tengah dan Afrika.

Dalam rangka pengorganisasian unit lintas udara di pasukan mitra, Rosoboronexport mengusulkan untuk melengkapi mereka dengan semua peralatan militer canggih yang diperlukan untuk melakukan misi tempur.

Dalam beberapa tahun terakhir, perusahaan-perusahaan pertahanan Rusia telah mengembangkan model peralatan militer baru, serta senjata-senjata modern yang diuji dalam kondisi nyata, memperlengkapi mereka dengan konsep perang yang relevan dan canggih.

Kendaraan serbu lintas udara BMD-4M dari High Precision System Rostec adalah kendaraan tempur amfibi beroda rantai yang dapat dijatuhkan dari udara dan dipersenjatai dengan meriam 100 mm, meriam 30 mm, dan senapan mesin 7,62 mm. Kendaraan ini diawaki oleh tiga orang dan menampung tujuh pasukan terjun payung lengkap.

Platform udaranya dilengkapi dengan suspensi hidro-pneumatik yang dapat disesuaikan yang memberikan jarak bebas ke tanah dari 100 hingga 500 mm, sehingga mengurangi profil kendaraan saat digunakan dalam pertahanan, kata perusahaan dalam rilisnya.

Meriam antitank self-propelled 2S25 125mm (tank amfibi ringan Sprut) yang ditingkatkan dari High Precision Systems adalah satu-satunya kendaraan tempur amfibi ringan di kelasnya yang memiliki daya tembak serupa dengan tank T-90MS dan kompatibel dengan amunisi untuk tank tempur utama Rusia.

Kendaraan ini dilengkapi dengan sistem senjata mematikan, termasuk meriam 125 mm dengan senapan mesin koaksial 7,62 mm dan dudukan senapan mesin 7,62 mm yang dikendalikan dari jarak jauh. Kendaraan juga dilengkapi dengan sistem peluru kendali yang dirancang untuk mengalahkan sasaran lapis baja, termasuk yang dilengkapi dengan ERA, pada jarak hingga 5 km.

Pengangkut personel lapis baja BTR-MDM diproduksi oleh High Precision System dan dirancang untuk mengangkut hingga 13 tentara, amunisi, suku cadang, bahan bakar sebagai bagian dari unit penyerangan dalam semua kondisi penggunaan tempur. Kendaraan pos komando, pusat sinyal seluler, kendaraan medis, dan kendaraan pendukung teknis juga dapat dilengkapi pada sasis BTR-MDM.

Kendaraan MRAP dari keluarga Typhoon-K yang diproduksi oleh Remdiesel, bagian dari Rostec, dipersenjatai dengan stasiun senjata kendali jarak jauh 30 mm, juga dirancang untuk mendukung operasi tempur oleh unit lintas udara, personel pengangkut, dan kargo.

Kendaraan pengintai teknis MTR Remdiesel dirancang untuk membawa lima orang awak dan peralatan khusus. Kendaraan dilengkapi dengan perangkat pengawasan dan pengintaian teknis.
Tergantung pada misi yang ditugaskan, unit lintas udara dapat dipersenjatai dengan self-propelled howitzer 2S42 Lotos 120 mm, mortir SPH 2S41 Drok, dan sistem ATGM Kornet-EM. Sistem Zavet-D 83t501 berdasarkan BTR-MDM dirancang untuk menyediakan pengendalian tembakan artileri otomatis.

Semua perlengkapan militer pasukan lintas udara dapat didarat di udara atau dijatuhkan di udara pada titik tertentu. Personel, peralatan militer, dan kargo dijatuhkan dari udara di lokasi misi menggunakan sistem parasut yang dikembangkan dan diproduksi oleh perusahaan Rostec.

Rosoboronexport menawarkan kepada mitra asing berbagai sistem penurunan udara untuk berbagai misi. Di antaranya adalah sistem khusus Dalnolet, Tandem-400, Arbalet-2, Berkut-2, dan Stayer-2, serta sistem penurunan massal D-6 dan D-10.

Sistem tujuan khusus Dalnolet memungkinkan pasukan terjun payung untuk melompat dari ketinggian 8.000 meter, termasuk sebagai bagian dari kelompok, pada jarak hingga 60 km dari pesawat.

Pada saat yang sama, seorang penerjun payung dapat membawa senjata, amunisi, dan peralatan khusus dalam jumlah yang cukup, karena total berat penerbangannya adalah 190 kg. Dengan sistem parasut tujuan khusus dua kursi Tandem-400, dimungkinkan untuk menjatuhkan penumpang dari udara atau menempatkan kontainer dengan berat hingga 50 kg pada sistem harness (total berat penerbangan adalah 225 kg).

Untuk melengkapi pasukan terjun payung dengan muatan, Rusia mengembangkan berbagai sistem penahan kargo dan kontainer kargo yang memenuhi persyaratan ergonomi modern, serta helm pelindung, perangkat penglihatan malam, dan peralatan oksigen untuk pernapasan penerjun payung selama penurunan udara di ketinggian 4.000 hingga 8,000 meter.

Kendaraan serbu lintas udara dengan berat hingga 20 ton dijatuhkan di udara menggunakan sistem parasut multikanopi kargo MKS-350-12/12M dan sistem parasut tanpa platform PBS.

Rosoboronexport mengusulkan untuk menggunakan sistem kargo parasut modern buatan Rusia untuk menjatuhkan senjata, amunisi, perlengkapan militer dan kemanusiaan dari udara.

Selain itu, Rostec telah secara proaktif mengembangkan sistem parasut otomatis APSDG-250 yang memungkinkan untuk menjatuhkan beban hingga 250 kg dari ketinggian hingga 8.000 meter dengan kesalahan pendaratan hingga 100 meter.

Untuk memastikan mobilitas tinggi unit lintas udara, Rosoboronexport menawarkan pesawat angkut militer Ilyushin Il-76MD-90A(E) terbaru yang dikembangkan dan dibangun oleh UAC Rostec, yang memiliki lebih dari 70% sistem dan unit yang ditingkatkan dibandingkan dengan Il-76.

Il-76MD-90A(E) dapat membawa dan menjatuhkan senjata dan peralatan militer yang digunakan oleh pasukan lintas udara. Pesawat ini dapat menampung hingga tiga kendaraan serbu BMD-4M, hingga tiga APC BTR-MDM, dan hingga dua senjata antitank 2S25 SPH 125 mm yang ditingkatkan (tank amfibi ringan Sprut). Pesawat ini menyediakan penerjunan udara hingga 126 pasukan terjun payung yang dilengkapi peralatan lengkap. Jangkauannya 4.000 km dengan muatan 60 ton dan 5.000 km dengan muatan 52 ton.

Il-76MD-90A(E) dapat dilengkapi dengan sistem bantuan pertahanan President-S, yang secara otomatis melindungi Il-76MD-90A(E) dari peluru kendali musuh di seluruh jangkauan keterlibatan dan sudut aspeknya. Keunggulan kompetitif penting dari pesawat ini adalah kemampuannya untuk lepas landas dan mendarat di lapangan udara yang belum siap dan tidak beraspal.

Pelatihan personel lintas udara yang efektif dilakukan dengan menggunakan peralatan modern. Rosoboronexport siap menyediakan simulator kru dinamis, pelatih meriam, simulator mengemudi, serta ruang kelas pelatihan kru kepada mitra yang ingin memiliki unit lintas udara yang terlatih dan efisien. Latihan awal penerjun payung dengan latihan jatuh pendaratan parasut dalam berbagai kondisi dilaksanakan di fasilitas latihan lintas udara UTK-VDP.

Sebagai bagian dari pelatihan personel, instruktur Kementerian Pertahanan Rusia yang berpengalaman akan melatih pasukan terjun payung masa depan dalam dasar-dasar taktik perang lintas udara, tindakan dalam situasi pertempuran, fitur peralatan dan pengoperasian senjata, dengan mempertimbangkan realitas konflik militer modern, termasuk penggunaan sistem pengintaian dan serangan tak berawak. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *