Pasukan Rudal Strategis Rusia menyelesaikan latihan dengan rudal balistik antarbenua RS-24 Yars: 3.000 personel dilibatkan

RS-24 YarsRussian MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW – Pasukan Rudal Strategis Rusia yang berada di Irkutsk menyelesaikan latihan dengan menggunakan peluncur rudal balistik antarbenua (ICBM) RS-24 Yars. Kementerian Pertahanan Rusia melaporkan hal ini pada hari Senin.

Sebanyak 3.000 personel dan 300 perangkat latihan dikerahkan.

“Pasukan Rudal Strategis menyelesaikan latihan komando dan staf dengan formasi rudal Irkutsk yang dipersenjatai dengan peluncur rudal Yars. Secara total, latihan tersebut mempertemukan lebih dari 3.000 personel dan sekitar 300 item peralatan,” kata kementerian itu dalam sebuah pernyataannya.

Latihan tersebut menunjukkan tingginya tingkat kesiapan tempur formasi rudal Irkutsk dan profesionalisme personelnya, katanya.

Ditambahkan bahwa selama latihan komando dan staf, personel formasi Pasukan Rudal Strategis Irkutsk mencapai berbagai tujuan dan skenario, khususnya, melakukan manuver intensif di sepanjang rute patroli tempur.

Selama latihan tersebut, tim peluncur ICBM RS-24 Yars berlatih melakukan pergerakan sejauh 100 km, mengerahkan peluncur rudal dengan perubahan posisi lapangan dan perlengkapannya, serta mengatur kamuflase dan keamanan tempur, jelasnya.

“Personel Pasukan Rudal Strategis juga berlatih untuk melawan kelompok subversif/pengintaian. Unit pendukung tempur menarik peralatan khusus dari area yang diperkirakan terkontaminasi bahan kimia. Latihan ini membantu meningkatkan tingkat kesiapan personel dan interoperabilitas unit dan formasi Pasukan Rudal Strategis,” lanjut Kementerian Pertahanan Rusia.

RS-24 Yars adalah sistem rudal strategis Rusia yang terdiri dari rudal balistik antarbenua berbahan bakar padat berbasis silo atau bergerak dengan hulu ledak MIRVed (beberapa kendaraan yang dapat ditargetkan secara independen).

Yars merupakan peningkatan dari sistem rudal Topol-M. Rusia mulai mengerahkan sistem ICBM Yars pada tahun 2009 ketika peluncur Yars diterima untuk tugas tempur eksperimental di Pasukan Rudal Strategis. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *