RS-24 Yars ICBM bergerak menuju Moskow untuk mempersiapkan Parade Hari Kemenangan

RS-24 YarsIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW – Satu kolom sistem rudal balistik antarbenua (ICBM) RS-24 Yars melakukan pergerakan dari Wilayah Ivanovo ke tempat pelatihan di dekat Moskow untuk mempersiapkan Parade Hari Kemenangan pada 9 Mei 2024. Demikian Kementerian Pertahanan Rusia mengumumkan.

“Sebagai bagian dari persiapan parade militer di Lapangan Merah, kolom mekanis peluncur rudal Yars telah melakukan pawai dari lokasi penempatan permanen mereka di Wilayah Ivanovo ke Alabino di Wilayah Moskow,” bunyi pernyataan Kementerian Pertahanan Rusia.

Rombongan mekanis tersebut melakukan perjalanan sejauh 400 km melintasi Wilayah Ivanovo, Vladimir dan Moskow, jalan raya federal M7, dan Jalan Lingkar Mobil Moskow, tulis TASS.

Selama persiapan parade militer di Lapangan Merah Moskow, formasi rudal di Wilayah Ivanovo melakukan pelatihan dan uji kualifikasi dengan awak tim parade Pasukan Rudal Strategis.

“Setelah meninjau tes yang melibatkan pelatihan khusus dan mengemudikan peluncur rudal bergerak Yars dalam sebuah kolom di autodrome, komisi komando militer Pasukan Rudal Strategis dan formasi rudal Vladimir membuat keputusan untuk mengizinkan personel tersebut berpartisipasi dalam uji coba persiapan paradenya,” jelas kementerian.

Personel dan peralatan militer dari formasi rudal Teikovo di Wilayah Ivanovo telah berpartisipasi dalam parade militer di Lapangan Merah Moskow sejak tahun 2008.

RS-24 Yars adalah sistem rudal strategis Rusia yang terdiri dari rudal balistik antarbenua berbahan bakar padat berbasis silo atau bergerak dengan hulu ledak MIRVed (beberapa kendaraan yang dapat ditargetkan secara independen).

Yars merupakan modifikasi dari sistem rudal Topol-M. Rusia mulai mengerahkan sistem ICBM Yars pada tahun 2009 ketika peluncur Yars diterima untuk tugas tempur eksperimental di Pasukan Rudal Strategis. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *