Helikopter Misterius Milik SAS Inggris (Rahasia Kehebatan Pasukan SAS – Bagian 4)

ANGKASAREVIEW.COM – Pasukan khusus Angkatan Darat Inggris, SAS (Special Air Service), sesuai namanuya begitu spesial. Bagaimana tidak, pasukan yang bermarkas di Hereford, London ini dilengkapi dengan satu skadron helikopter khusus.

Tidak main-main, 658 Squadron Army Air Corps bertugas untuk mengawaki helikopter AS365 N3  Dauphin. Uniknya, walaupun berada di bawah kendali militer, Skadron 658 tidak mewarnai helinya dengan warna militer. Dauphin milik mereka diberi warna biru-putih, sehingga tampak seperti heli sipil pada umumnya.

658 Squadron bertugas mendukung pergerakan pasukan antiteror milik SAS. Salah satu aksi 658 Squadron yang terkenal adalah saat penyerangan teroris di London. Satu unit Dauphin mendarat di atas Jembatan London kala itu.

Heli tersebut begitu spesial, karena dilengkapi peralatan komunikasi super canggih dan kamera pelihat panas tubuh. Selain itu, heli juga mampu melaksakan operasi fastrope untuk membantu operasi penyusupan taktis cepat.

Mark Harkin

AS365 N3 heli yang diawaki oleh dua pilot ini diproduksi oleh pabrikan Eurocopter yang kini menjadi Airbus Helicopters. Heli varian high performance ini sanggup membawa 8-9 prajurit bersenjata lengkap.

Dauphin mampu terbang hingga kecepatan 287 km/jam dengan radius terbang mencapai 874 km.

Banyak mempertanyakan alasan mengapa SAS dan 658 Squadron tidak memilih warna militer untuk helikopter mereka.

Alasannya ternyata sederhana, dengan warna biru-putih membuat heli yang juga dijuluki ‘Blue Dolphin’ ini tidak mencolok jika melakukan operasi senyap. Jadi Sobat Angkasa Review paham kan, mengapa pasukan siluman ini memiliki heli berwarna sipil?

(RND)

One Reply to “Helikopter Misterius Milik SAS Inggris (Rahasia Kehebatan Pasukan SAS – Bagian 4)”

  1. Ya dari sisi minusnya, bisa membahayakan penerbangan sipil. Musuh yang sudah tahu helikopter sas berwarna sipil, bisa jadi salah identifikasi, ada helikopter lewat, biarpun berwarna sipil, bisa disangka helikopter militerdi cat sipil…ditembak lah. si heli nahas

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *