Tentara Rusia menemukan kendaraan tempur langka milik Ukraina yang terkubur di Mariupol

AzovetsIstimewa
ROE

AIRSPACE REVIEW – Tentara Rusia dilaporkan telah mendapatkan sebuah kendaraan tempur unik dan langka yang dijuluki Azovets milik Ukraina. Kendaraan tempur ini terkubur di pinggiran Mariupol, sebuah kota yang diduduki oleh pasukan Rusia pada tahun 2022, kantor berita negara RIA Novosti melaporkan baru-baru ini.

Diketahui, Azovets mulai dikembangkan pada tahun 2015. Pengerjaannya didasarkan pada sasis tank T-64 dan dirancang sebagai kendaraan tempur pendukung pergerakan pasukan darat Ukraina.

Dengan berat sekitar 41 ton, kendaraan ini menawarkan keunggulan signifikan dibandingkan model sebelumnya yang lebih berat, seperti T-64BV yang berbobot 42,4 ton, dan T-64BM Bulat yang berbobot 44 ton.

Azovets mampu mencapai kecepatan hingga 65 km/jam dan beroperasi di segala medan tempur, termasuk untuk perang kota. Kendaraan dilengkapi dengan kamera pengintai yang dipasang di sekeliling lambungnya.

Sebagai penggebuk, Azovets dipersenjatai dengan dua kanon laras ganda kaliber 23 mm, senapan mesin PKT, dan unit peluncur rudal antitank.

Azovets menawarkan modul yang dikontrol secara terpisah untuk setiap sistem senjata. Kedua modul tempur menawarkan bidang pandang 180 derajat, memungkinkan operator untuk sepenuhnya mengendalikan situasi selama pertempuran.

Selama perang antara kedua negara pecahan Uni Soviet yang di mulai sejak Februari 2022 ini, pasukan Rusia telah banyak mendapatkan tropi perang.

Selain kendaraan tempur Azovets, tentara Rusia juga membawa pulang ke negaranya CV9040 IFV asal Swedia dan M2A2 Bradley asal Amerika Serikat. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *