Tumpuk Kekuatan Hadapi Rusia, AS Perbanyak THAAD di Rumania

ANGKASAREVIEW.COM – Jika diamati hingga saat ini militer NATO dan Amerika Serikat (AS) yang berbasis di kawasan Eropa Timur terus menumpuk kekuatan demi menghadapi kekuatan militer Rusia sekaligus menjamin keamanan di kawasan Atlantik Utara.

Penumpukan kekuatan militer yang dilakukan di negara-negara yang berbatasan langsung dengan Rusia itu jadi pilihan mengingat militer Rusia telah berhasil menguasai Krimea yang diklaim Ukraina sebagai wilayahnya.

Tautan: Hadapi Kemungkinan Serangan Iran, Amerika Tempatkan THAAD di Israel

Militer AS dan NATO yang merasa kecolongan akibat aneksasi Rusia atas Krimea itu akhirnya hanya bisa memperkuat militernya di kawasan Ukraina sebanyak mungkin.

Selama ini kawasan Ukraina yang merupakan garis terdepan dengan Rusia memang telah diperkuat oleh militer NATO dan AS dalam jumlah besar. Sehingga, formasi siap tempur pasukan NATO-AS itu dapat diartikan seperti sedang ‘’menantang’’ Rusia.

BACA  Ingin Bergabung dengan US Army, Mungkinkah Bagi Warga Negara Indonesia?

Tautan: Kembangkan Rudal PrSM, Manuver AS Imbangi Serangan Rudal Rusia di Eropa Timur

Meski demikian, AS merasa perkuatan militer di Eropa Timur ini masih belum cukup. Oleh karena itu, tidak hanya Ukraina yang diperkuat secara militer oleh NATO-AS, kawasan Rumania yang menjadi penyangga Ukraina pun diperkuat demi menghadang kekuatan militer Rusia. Khususnya untuk menghadang serangan rudal Beruang Merah.

THAADJason Epperson
Pada awal minggu kedua Mei 2019 ini, kekuatan militer AS dari 69th Air Defense Artillery Brigade, 32nd Army Air and Missile Defense Command, Fort Bliss, Texas mengumumkan telah menempatkan sejumlah sistem rudal pertahanan udara pencegat rudal balistik, Terminal High Altitude Area Defense (THAAD) di Rumania.

BACA  Industri Pertahanan Turki Mulai Rasakan Efek Domino Pembelian S-400 Triumf

Tautan: Neptune, Rudal Jelajah Antikapal dan Sasaran Darat Terbaru Buatan Ukraina

Sejumlah THAAD diangkut menggunakan C-17 Globemaster III dan mendarat di Pangkalan Udara Mihail Kogalniceanu (MK). Sistem pertahanan udara ini kemudian digelar di sejumlah titik strategis guna mendukung kekuatan NATO.

Tautan: Hadapi Kekuatan Perang Ukraina dan NATO, Rusia Siapkan Rudal Baru Serupa Kinzhal

Semua satuan operasional THAAD AS di Rumania berada di bawah komando NATO. Sehingga, sewaktu-waktu terjadi konflik militer, maka peluncuran THAAD akan tergantung kepada perintah komandan tertinggi NATO.

THAAD

Militer AS mengakui secara terbuka, pengerahan kekuatan militer Rusia berikut beragam persenjataannya termasuk rudal-rudal balistik, telah memprovokasi AS untuk menempatkan lebih banyak lagi THAAD di wilayah itu.

BACA  Si Petir Akan Ditampilkan kepada Publik Negeri Ginseng pada 1 Oktober

Tautan: Rusia Sukses Luncurkan Rudal Balistik Antarbenua Superberat RS-28 Sarmat

Melihat eskalasi di lapangan, dapat dikatakan masing-masing pihak kini tinggal menunggu waktu berperang. Namun demikian, bisa juga hal itu hanya perang urat syaraf saja dan yang tentu kita harapkan bersama adalah tercapainya jalan damai oleh semua pihak yang bertikai.

A Winardi

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *