Admiral Gorshkov luncurkan Tsirkon, sasaran berjarak lebih 400 km hancur

Tsirkon missile launch from Admiral Gorshkov frigateRussian MoD

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kapal fregat Rusia, Admiral Gorshkov, berhasil melakukan uji peluncuran rudal hipersonik Tsirkon dari Laut Putih dan mengenai sasaran laut pada jarak lebih dari 400 km.

Kementerian Pertahanan Rusia pada Senin (29/11) melaporkan, sasaran hancur akibat serangan rudal hipersonik tersebut.

Peluncuran rudal hipersonik Tsirkon oleh fregat Admiral Gorshkov milik Armada Utara merupakan tahap akhir uji coba persenjataan ini.

“Uji coba penembakan dilakukan dari Laut Putih terhadap posisi target yang terletak pada jarak lebih dari 400 km. Perekam data menunjukkan bahwa penerbangan rudal hipersonik memenuhi parameter yang ditentukan. Uji peluncuran dari fregat Admiral Gorshkov telah berhasil dan target berhasil dimusnahkan,” ujar Kementerian Pertahanan Rusia dalam rilisnya.

Dalam uji coba peluncuran rudal Tsirkon, Armada Utara Rusia juga melibatkan kapal perang permukaan dan pesawat milik angkatan lautnya untuk menutup dan mengamankan daerah latihan.

Sebelumnya pada dua minggu lalu, uji coba serupa telah dilaksanakan dan berhasil.

Secara keseluruhan, lima kali uji peluncuran terhadap target laut dan pesisir telah dilaksanakan.

Dua kali peluncuran uji coba rudal hipersonik Tsirkon telah dilakukan dari kapal selam bertenaga nuklir Severodvinsk. Uji coba peluncuran pertama dari kapal selam nuklir dilaksanakan pada 4 Oktober lalu.

Sebelum itu pada 24 Agustus, sebuah kontrak telah ditandatangani di pameran senjata internasional ARMY-2021 tentang pengiriman rudal hipersonik Tsirkon ke Angkatan Laut Rusia.

TASS menulis, sumber industri pertahanan pengatakan bahwa Research and Production Association of Machine-Building yang berbasis di Reutovo, Wilayah Moskow telah mulai bekerja untuk memulai produksi serial rudal jelajah hipersonik Tsirkon untuk Angkatan Laut Rusia.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *