Rosoboronexport implementasikan lebih dari 10 proyek teknologi besar di tingkat global

RosoboronexportIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Rosoboronexport, bagian dari Rostec State Corporation, Rusia berhasil mengimplementasikan lebih dari 10 proyek teknologi besar di tingkat global. Hal ini terungkap dalam sesi komite tentang pengembangan kegiatan ekonomi luar negeri yang berkaitan dengan produk keperluan militer.

Pertemuan konferensi video pada 28 Maret tersebut dihadiri oleh Direktur Jenderal JSC Rosoboronexport yang juga Wakil Ketua Persatuan Teknik Rusia Alexander Mikheev dan Ketua Komite Industri dan Perdagangan Duma Negara RF Vladimir Gutenev.

“Baru-baru ini Rosoboronexport telah berhasil mengimplementasikan lebih dari 10 proyek teknologi besar dalam pembuatan produk bersama untuk berbagai angkatan bersenjata, 10 lainnya sedang dilaksanakan sekarang. Perusahaan berencana untuk melaksanakan proyek-proyek yang menjanjikan di Kawasan Asia-Pasifik, di Timur Tengah, di Afrika , di Amerika Latin dan negara-negara CIS,” ujar Alexander Mikheev, dikutip dalam siaran pers Rosoboronexport.

“Menurut perkiraan kami, pada tahun 2030 proyek-proyek teknologi akan berjumlah 40% dari volume pasar produk militer dunia, yang dua kali lebih besar dari indikator saat ini,” lanjutnya.

Untuk beroperasi secara efektif di segmen yang berkembang pesat ini, Rosoboronexport sedang mempertimbangkan transisi ke model bisnis baru yang diarahkan untuk bekerja sama dengan perusahaan komersial.

Faktor utama yang menggeser vektor kerja sama militer dan teknis menuju kemitraan teknologi adalah komitmen sebagian besar negara terhadap kedaulatan industri dan, akibatnya, penerapan undang-undang yang membatasi impor produk akhir.

Salah satu tantangan besar bagi perusahaan-perusahaan Rusia ketika beroperasi dalam format kemitraan teknologi adalah risiko pembuatan produk palsu di luar negeri, yang selain kerugian finansial, juga berdampak serius pada citra kompleks industri pertahanan Rusia.

Untuk meminimalkan kerugian yang disebabkan oleh produksi tanpa izin, Rosoboronexport bekerja sama dengan mitra bisnis, serta pelanggan negara produk Rusia di luar negeri. Perjanjian kerja sama kekayaan intelektual ditandatangani dengan perusahaan induk pertahanan terkemuka Rusia.

Ketentuan dibuat untuk memperkuat aturan hukum untuk melawan pemalsuan, termasuk pematenan preventif atas kekayaan intelektual untuk menuntut secara hukum produsen ilegal.

Selain itu, Rosoboronexport mengusulkan peningkatan kompetensi di bidang manajemen inovatif, administrasi keuangan dan pengendalian aset intelektual dalam kerangka proyek personel dan pendidikan Persatuan Teknik Rusia.

“Saat ini citra baru Rosoboronexport sedang diciptakan sebagai perusahaan modern dan berorientasi bisnis yang terbuka terhadap transfer teknologi. Dengan ini, pengembangan kompetensi di bidang manajemen inovatif dan risiko, administrasi keuangan dan tata kelola perusahaan, penataan kesepakatan, aset intelektual kontrol, serta penguasaan alat pemasaran yang berorientasi bisnis diharapkan akan menghasilkan mempertahankan posisi terdepan di pasar utama persenjataan,” pungkas Mikheev. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *