Pertama kalinya, Ukraina perlihatkan jalur produksi Bohdana SPH kepada para jurnalis

Jalur produksi Bohdana SPH UkrainaAP/Evgeniy Maloletka

AIRSPACE REVIEW – Untuk pertama kalinya Ukraina mengungkap jalur produksi rahasia sistem canggih Bohdana SPH di perusahaan Ukraine Armor. Para jurnalis diberikan akses untuk melihat tahapan produksi Bohdana 3.0, sistem beroda 155 SPH mm yang mutakhir.

Seperti dilaporkan AP, di fasilitas produksi tersebut tampak persiapan sedang dilakukan untuk mengintegrasikan sasis beroda dengan sistem artilerinya.

Pabrik tersebut sanggup memproduksi enam Bohdana SPH per bulannya, seperti yang diumumkan oleh Presiden Volodymyr Zelensky di saluran Telegram resminya tahun lalu.

Upaya mandiri ini ditempuh Ukraina untuk mengurangi akan ketergantungan pasokan senjata dari anggota NATO, terutama sistem artileri medan.

Keberadaan Bohdana SPH mewakili upaya kolaboratif antara dua pemain kunci di Asosiasi Nasional Industri Pertahanan Ukraina yakni Pabrik Pembuatan Mesin Berat Kramatorsk dan Ukraine Armor.

Dua varian Bohdana SPH dihasilkan, pertama berdasarkan sasis beroda 6×6 dan kedua model berpenggerak 8×8, termasuk versi 3.0 terbaru.

Bohdana SPH merupakan salah satu aset tangguh pertahanan negara Ukraina. Sistem ini menawarkan mobilitas, daya tembak, dan keserbagunaan di medan perang modern. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *