Semakin mandiri, Ukraina kerahkan self propelled howitzer baru Bohdana 4.0 155 mm ke medan tempur

Bohdana SPH 155 mmAFU
ROE

BRIGADE Artileri Terpisah ke-47 Ukraina baru-baru ini memperkenalkan sistem 2S22 Bohdana 4.0 baru ke dalam layanan aktif untuk dikerahkan ke medan tempur menghadapi pasukan Rusia. Saat ini, tentara Ukraina memiliki empat varian self-propelled howitzer (SPH) buatan industri dalam negeri seri Bohdana 155 mm (1.0,2.0,3.0, dan 4.0).

Produksi sistem SPH keluarga Bohdana ini semakin menunjukkan kemandirian Ukraina, yang tak lagi sepenuhnya bergantung pada alutsista pasokan anggota NATO, terutama untuk sistem artileri medan mobile.

Airbus_contoh2

Sistem 2S22 Bohdana 4.0 ini dirancang dan diproduksi oleh perusahaan Ukrarmor, menggunakan platform truk Tatra 158 Phoenix 8×8 buatan Ceko.

Semula Bohdana 4.0 akan menggunakan platform truk Tatra 815-7 Force versi militer, namun karena pabrik Tatra tidak memiliki stok baru, akhirnya dipilihlah Tatra 158 Phoenix 8×8, truk sipil untuk pertambangan.

Jika stok Tatra 815-7 Force telah tersedia, versi produksi selanjutnya dari Bohdana 4.0 akan menggunakan sasis truk ini.

Mirip dengan varian 2.0, versi 4.0 ini dilengkapi dengan kabin lapis baja yang melindungi awaknya dengan aman dari gempuran peluru senapan serbu dan hantaman serpihan munisi artileri.

Untuk howitzernya, dilengkapi dengan pemuatan munisi semi otomatis, mencapai laju tembakan maksimum 6 peluru per menit.

Dapat menembakkan berbagai amunisi kaliber 155 mm standar NATO, Termasuk amunisi pembakar/penusuk lapis baja berdaya ledak tinggi (HEIAP) dalam jangkauan 35 km hingga 40 km dan proyektil berbantuan roket (RAP) dalam jangkauan 45 km hingga 60 km.

Truk tersebut memiliki kapasitas untuk membawa total 20 butir amunisi dan muatan terkait, yang disimpan dalam kotak di setiap sisi sasis.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *