Penjaga Pantai Filipina akan mengakuisisi dua kapal patroli kelas Guardian dari Austal Australia

Kapal Patroli Guardian-classIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Penjaga Pantai Filipina (PCG) dikabarkan akan memperoleh dua kapal patroli kelas Guardian dari perusahaan Austal asal Australia.

Awalnya kapal patroli Guardian ini dirancang dan dibangun menjadi bagian dari Program Keamanan Maritim Pasifik yang diprakarsai oleh Pemerintah Australia, untuk dihibahkan kepada negara-negara kecil di Samudra Pasifik Selatan.

Kapal baja monohull ini dirancang untuk patroli jangka panjang. Mampu menempuh jarak 3.000 mil laut dengan kecepatan jelajah 12 knot. Sementara untuk kecepatan maksimumnya mencapai 20 knot.

Didukung dengan penggerak berupa dua mesin diesel yang menghasilkan 4.000 kilowatt, kapal ini juga dilengkapi kontrol mesin elektronik canggih untuk efisiensi bahan bakar.

Kapal patroli Guardian berukuran panjang 39,5 m dan dapat menampung 23 awak. Di bagian belakang, dilengkapi dengan jalur peluncuran buritan untuk kapal jenis RIB, sehingga meningkatkan kemampuan operasi pencarian dan penyelamatan mereka.

Meskipun dikirimkan tanpa senjata oleh pabrikannya, pengguna dapat melengkapinya dengan kanon otomatis 30 mm di dek depan dan senapan mesin berat 12,7 mm di kedua sisi samping belakang.

PCG sendiri akan menggunakan kapal patroli Guardian terutama untuk menjaga keamanan maritimnya di wilayah Laut Selatan. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *