Angkatan Laut Fiji terima kapal patroli kelas Guardian kedua dari Australia, gantikan kapal patroli lawas kelas Pacific Forum

RFNS PuamauIstimewa

AIRSPACE REVIEW – Galangan kapal Austal Australia telah mengirimkan sebuah kapal patroli kelas Guardian ke Departemen Pertahanan Australia yang kemudian dihibahkan kepada Angkatan Laut Republik Fiji.

Upacara serah terima berlangsung di HMAS Stirling di Australia Barat pada 7 Maret 2024 dihadiri oleh Perdana Menteri Fiji Sitiveni Rabuka dan Menteri Industri Pertahanan Australia Pat Conroy.

Selanjutnya Angkatan Laut Fiji memberinya nama resmi RFNS Puamau (402). Ini adalah kapal kedua yang dikirim ke Fiji berdasarkan program ini, setelah kapal saudaranya RFNS Savenaca (401)

Pengiriman RFNS Puamau ke Fiji diharapkan dapat meningkatkan operasi angkatan laut negara tersebut dan kerja sama dengan Australia dan negara-negara Kepulauan Pasifik lainnya sebagai bagian dari Program Keamanan Maritim Pasifik Australia.

Di Angkatan Laut Fiji, RFNS Savenaca dan RFNS Puamau menggantikan posisi tiga kapal kelas Pacific Forum lawas yang juga merupakan sumbangan Australia pada pertengahan 1990-an.

Mengenai karakteristiknya, kapal patroli Austal Guardian ini berdimensi panjang 39,5 m, lebar 8 m, dan draf 0,76 m.

Sebagai tenaga penggerak berupa dua mesin diesel Caterpillar 3516C. Kapal dapat melaju maksimum dengan kecepatan 20 knot (37 km/jam). Memiliki jangkauan operasi hingga 3.000 mil laut (5.600 km) dengan kecepatan jelajah 12 knot (22 km/jam).

Perlu diketahui, Australia menyediakan kapal-kapal tersebut tanpa persenjataan, namun kapal dirancang untuk mampu dipasangi senapan mesin berat 12,7 mm atau kanon otomatis hingga 30 mm di dek depan. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *