Vanuatu terima kapal patroli kelas Guardian dari Australia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Departemen Pertahanan Australia (DOD) telah menyerahkan kapal patroli kelas Guardian kepada pemerintah Vanuatu. Ini merupakan sumbangan dari pemerintah Australia.

Kapal patroli baru yang diberi nama RVS Takuare (03) itu diterima oleh Komisaris Tinggi Vanuatu untuk Australia Mr. Samson Fare.

Penyerahan kapal dihadiri oleh pejabat Australia yang dipimpin oleh Menteri Industri Pertahanan Melissa Price. Demikian dilaporkan oleh Asia Pacific Defense Journal (2/8).

Pengalihan kapal patroli tersebut merupakan salah satu komitmen di bawah Proyek Penggantian Kapal Patroli Pasifik, sebagai bagian dari Program Keamanan Maritim Pasifik Pemerintah Australia yang melibatkan beberapa negara kepulauan Pasifik.

RVS Takuare adalah kapal patroli kelas Guardian ke-12 yang dikirim oleh pembuat kapal Australia Austal.

Kapal akan dioperasikan oleh Wing Maritim Kepolisian Vanuatu dan akan menggantikan kapal patroli kelas Pasifik yang lebih tua yaitu RVS Tukoro.

Austal mengatakan, pihaknya berkomitmen untuk mengirimkan semua kapal patroli kelas Guardian (total 21 unit) pada akhir tahun 2023.

Pembuatan kapal-kapal tersebut merupakan bagian dari kontrak senilai 335 juta dolar Australia (263 juta dolar AS) yang diterima pada April 2018.

Selain Vanuatu, 11 negara lain juga akan menerima kapal serupa dari pemerintah Australia hingga 2023, yakni Papua Nugini, Fiji, Mikronesia, Tonga, Kepulauan Cook, Kiribati, Kepulauan Marshall, Palau, Samoa, Kepulauan Solomon, dan Tuvalu. Diluar itu Timor Leste juga akan mendapatkan hibah.

Kapal patroli kelas Guardian memiliki panjang 39,5 meter, lebar 8 meter, dan draft 2,5 meter.

Kapal ditenagai dua mesin diesel Caterpillar 3516C yang memungkinkan melaju maksimum 20 knot, dan jangkauan 3.000 mil laut pada kecepatan jelajah 12 knot.

RBS

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *