Dewan Federal Swiss usulkan pembelian 36 F-35A dan 5 unit Patriot

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dewan Federal Swiss telah mengusulkan kepada Parlemen Swiss untuk membeli 36 jet tempur siluman F-35A Lightning II dan lima unit sistem pertahanan udara MIM-104 Patriot dari Amerika Serikat.

Pengadaan ini ditaksir membutuhkan anggaran sebesar 7 miliar franc Swiss (6,4 miliar euro).

Dewan Federal Swiss yang bertindak selaku pemerintah Swiss berpendapat, F-35A telah membuktikan dirinya sebagai pesawat tempur yang paling efektif.

Pesawat ini menawarkan sistem jaringan yang sepenuhnya baru, sangat kuat, dan komprehensif untuk melindungi dan memantau wilayah udara.

F-35A mampu memastikan keunggulan informasi. Jet tempur generasi kelima ini juga dipandang mudah dioperasikan. Selain itu, bila digunakan untuk pelatihan hanya membutuhkan waktu yang sedikit, yaitu 20% lebih hemat jam terbang daripada pesawat lain.

Pesawat dapat digunakan untuk 30 tahun ke depan dengan sistem perencanaan dan dengan keunggulan teknologi yang dimilikinya.

Ditambahkan, F-35 mencetak skor tertinggi dalam hal dukungan produk dan kerja sama juga. Hal ini karena F-35A digunakan secara luas di Eropa dan telah diproduksi dalam jumlah yang banyak.

Meski demikian, seperti dikutip dari rilis Dewan Federal Swiss, ada syarat yang harus dipenuhi oleh Lockheed Martin selaku pembuat F-35A apabila pesawat ini jadi diakuisisi. Lockheed Martin harus memberikan kompensasi 60% offset dari nilai kontrak kepada Swiss.

Offset terdiri dari 20% melalui ofset langsung dan 40% melalui ofset tidak langsung.

F-35A akan menggantikan peran F/A-18 Hornet dan F-5E/F Tiger II yang telah mengabdi sekira 40 tahun.

Bila pengajuan akuisisi F-35A ini disetujui oleh Parlemen Swiss, maka pesawat F-35A berhasil menyingkirkan Eurofighter Typhoon, Dassault Rafale, dan Boeing F/A-18E/F Super Hornet yang ikut berkompetisi.

Paling pas

MIM-104 PatriotYouTube

Sementara itu mengenai Patriot, Dewan Federal Swiss berpendapat, sistem pertahanan udara berbasis rudal dan radar ini memiliki jarak tembak efektif yang pas sesuai kebutuhan.

Patriot mampu menjangkau sasaran tembak dengan ketinggian lebih dari 20.000 m dan jarak lebih dari 50 km.

Hal ini, ujar Dewan Federal, memungkinkan Patriot untuk berkontribusi secara signifikan pada pertahanan udara terintegrasi Swiss.

Area yang akan dipertahankan oleh Swiss seluas 15.000 km2 sehingga cukup ditopang dengan lima unit Patriot.

RNS

One Reply to “Dewan Federal Swiss usulkan pembelian 36 F-35A dan 5 unit Patriot”

  1. Sebaiknya swis berpikir ulang lg, malapetaka bagi swis bila membeli f35 dan patriot, ada pesawat tempur buatan negara eropa yg jg sulit di endus tp gesit dan lincah yaitu rafale kenapa mau tertipu membeli pesawat tempur yg bermasalah dan gk ada keunggulannya yg bisa meyakinkan’ f35 10 tahun lg akan membuat pemiliknya pusing efek banyak masalah sehingga biaya perawatan membengkak berkali kali lipat, f35 hanya mengandalkan teknologi siluman yg kemampuan silumanmya jauh dibawah f22 yg pernah jd bulan²an su35 di suriah, terus swis jg membeli patriot yg sering gagal menghalau serangan udara yg datang yg dibawah pengawasannya, aku samgat mengunggulkan Aster30 perancis ketimbang patriot abal².

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *