Kapal selam Volkhov Rusia menguji coba rudal jelajah Kalibr-PL di Laut Jepang

Kapal Selam Volkhov RusiaUSC
ROE

AIRSPACE REVIEW – Kapal selam Volkhov milik Armada Pasifik Rusia melakukan uji coba rudal jelajah Kalibr-PL di Laut Jepang. Sasaran tembak sejauh 1.000 km jauhnya berhasil dihancurkan, kata layanan pers armada tersebut seperti diberitakan TASS, Jumat.

Sesuai dengan jadwal pelatihan tempur, awak kapal selam diesel-listrik Volkhov Armada Pasifik Rusia melakukan peluncuran rudal jelajah Kalibr saat berada dalam posisi bawah air, lanjut laporan tersebut.

Rudal itu ditembakkan ke sasaran pantai yang meniru posisi artileri musuh.

“Sebelum peluncuran, kapal selam itu diam-diam dikerahkan di area yang ditentukan. Pada waktu yang dijadwalkan, sebuah rudal jelajah Kalibr menghantam sasaran yang ditentukan di lapangan taktis Syurkum di wilayah Khabarovsk. Jarak tembak melebihi 1.000 kilometer,” Armada Pasifik Rusia menambahkan.

Kapal selam diesel-listrik Proyek 636.3 (SSK) Volkhov bergabung dengan Angkatan Laut Rusia (VMF) pada 24 Oktober 2020. Kapal ini dibuat oleh Admiralty Shipyards, anak perusahaan United Shipbuilding Corporation (USC).

Volkhov adalah kapal kedua dari enam rangkaian SSK yang dibangun oleh perusahaan tersebut untuk Armada Pasifik Rusia. Lunas kapal selam Volkhov dipasang pada bulan Juli 2017. Kapal ini diluncurkan pada Desember 2019. Dibutuhkan 41 bulan untuk pembangunan dan pengoperasiannya.

Kapal seri pertama Petropavlovsk-Kamchatskiy juga dibangun pada Juli 2017 dan diluncurkan pada Desember 2019. Pembangunannya memakan waktu 29 bulan, menurut laporan Janes. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *