Iran perlihatkan versi modernisasi lokal M60A1 MBT buatan AS

M60A1 IranTelegram
ROE

AIRSPACE REVIEW – Belum lama ini beredar sebuah video yang dibagikan di jejaring sosial Telegram, memperlihatkan hasil modernisasi Iran terhadap tank tempur utama (MBT) M60A1 yang aslinya buatan Amerika Serikat.

Modernisasi oleh industri pertahanan lokal ini guna mempertahankan dan meningkatkan relevansi dan efektivitas tank lawas tersebut dalam peperangan modern.

Dilansir Army Recognition, Angkatan Bersenjata Iran saat ini mengoperasikan armada M60A1 dengan total 150 tank yang masih aktif.

Diketahui, Iran memperoleh armada tank M60A1 dari Amerika Serikat pada tahun 1970-an, periode ketika negara tersebut di bawah Shah Iran. Iran memperkuat Angkatan Bersenjatanya dengan peralatan modern dari sekutu Barat.

Namun, setelah Revolusi Islam pada tahun 1979, akses Iran terhadap pasokan militer Barat terputus, menyebabkan negara tersebut beralih ke sumber peralatan militer lain dan mulai mengembangkan persenjataannya sendiri.

Mengenai modernisasi tank M60A1 oleh Iran ini mencakup perbaikan penting seperti penambahan pelat baja pada lambung dan turret, memberikan perlindungan superior terhadap senjata antitank.

Peningkatan ini juga dilengkapi perisai pelindung pada laras kanon 105 mm-nya untuk memastikan kinerja optimal dan keselamatan kru selama operasi.

Peningkatan yang signifikan lainnya adalah pengenalan stasiun senjata jarak jauh di turret, memperluas daya tembak tank dan fleksibilitas operasional. Termasuk juga peningkatan lapis baja tambahan yang lebih ramping dan penglihatan penembak yang canggih, telah diterapkan untuk meningkatkan akurasi dan penargetannya. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *