AS akan cegah Iran beli tank dari China dan sistem pertahanan udara Rusia

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Amerika Serikat (AS) akan mencegah Iran untuk membeli tank dari China dan sistem pertahanan udara dari Rusia. Hal ini akan dilakukan Washington seiring segera berakhirnya embargo persenjataan oleh PBB terhadap Teheran.

“Kami akan bertindak dengan cara-cara -dan kami telah bertindak- yang akan mencegah Iran untuk dapat membeli tank China dan sistem pertahanan udara Rusia dan menjual kembali senjata ke Hizbullah untuk merusak upaya yang dilakukan oleh Presiden (Perancis) Macron yang mencoba untuk memimpin di Libanon,” kata Menteri Luar Negeri Mike Pompeo seperti diberitakan AFP.

Sebagaimana dikethaui, Hizbullah merupakan kelompok militan Syiah yang didukung Iran. Kelompok ini telah lama menjadi sasaran sanksi AS dan masuk daftar hitam sebagai organisasi “teroris”.

Diberitakan, AS menghadapi pertentangan yang meluas dalam upaya baru untuk memberlakukan kembali sanksi internasional sepihak terhadap Iran.

AS berkeinginan PBB untuk memperpanjang embargo persenjataan terhadap Iran yang akan berakhir pada 18 Oktober 2020.

Sementara itu, PBB dan Uni Eropa tidak menyetujui langkah AS yang menarik diri dari kesepakatan nuklir internasional pada 2018 lalu.

Roni Sontani

One Reply to “AS akan cegah Iran beli tank dari China dan sistem pertahanan udara Rusia”

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *