F-15C Eagle belum mati, grafis simbolis hiasi hidung pesawat ini

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Kebanggaan terhadap satuan diekspresikan oleh para anggotanya melalui berbagai cara. Seperti dilakukan oleh Wing Tempur ke-104 yang melukiskan kebanggaan kepada armada F-15C Eagle mereka.

Adalah F-15C nomor ekor 125 yang diberi grafis seni hidung (nose art) hasil rancangan selama enam bulan.

Grafis seni berukuran enam kaki kali empat kaki itu ditampilkan di kedua sisi F-15 bagian depan. Dari kejauhan tampak seperti bendera Amerika Serikat.

Akan tetapi, bila kita melihatnya lebih dekat maka akan tampak ratusan nama anggota 104th Fighter Wing di sana.

Sersan Leo Burbee yang terlibat dalam desain grafis ini mengatakan, inspirasi di balik stiker yang dibuat adalah tradisi menampilkan nama penerbang di pesawat yang mereka awaki.

Akan tetapi, sebenarnya bila berbicara mengenai kesiapan pesawat merupakan hasil kerja tim. Dengan menampilkan semua nama anggota, terasa bahwa hal itu berada dalam satu tim yang sama.

Tim juga memasukkan nama-nama anggota yang sudah gugur, sebagai bentuk penghormatan.

Kolonel Tom ‘Sling’ Bladen, Komandan 104FW sangat terkesan dengan hasil desain anak buahnya dalam membuat kreasi ini.

“Saya bangga dan terkejut dengan hasil dari semua kru yang terlibat dalam proyek ini. Ini adalah upaya dari tim yang sangat besar dan kemampuan grup mewujudkan ide dan merepresentasikannya secara simbolis dari jet tempur andalan kita,” ujar Bladen seperti Airspace Review kutip dari laman National Guard.

Roni Sont

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *