Portugal dikabarkan membeli 10 A-29 Super Tucano dari Embraer

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Portugal dikabarkan membeli 10 unit pesawat serang darat A-29 Super Tucano dari Embraer, Brasil.

Pesawat akan digunakan oleh Angkatan Udara Portugal (FAP) untuk memperkuat partisipasinya dalam operasi yang dilaksanakan oleh PBB.

Di FAP Super Tucano akan menggantikan peran pesawat Alpha Jet yang telah dihentikan dari dinasnya pada 2018 lalu.

Diberitakan Air&Cosmos, jika pembelian terealisasi, Portugal akan menjadi negara pertama di Eropa dan negara NATO pertama yang menggunakan Super Tucano.

Hubungan Portugal dengan Brasil, khususnya FAP dengan Embraer sejauh ini tejalin baik. Portugal sebelum ini juga telah memesan lima unit pesawat angkut militer C-390 Millenium dari Embraer.

Sebagai pesawat serang ringan, A-29 Super Tucano yang memiliki dua kursi cocok digunakan untuk misi kontra gerilya (COIN).

Pesawat ini dilengkapi dengan dua senapan mesin M3P kaliber 12,7 mm di sayap dan dilengkapi dengan lima gantungan senjata dengan kapasitas muat 1,5 ton. Rudal udara ke udara, roket, bom dan tangki bahan bakar dapat dibawa di gantungan tersebut.

Super Tucano dapat dikatakan sebagai pesawat modern yang telah dilengkapi dengan HUD, FLIR, AN/AAQ-22 SAFIRE, HOTAS, TCAS, GPS, dan perangkat lainnya. Kabinnya juga kompatibel dengan teropong malam serta dilengkapi sistem OBOGS.

A-29 Super Tucano telah diproduksi lebih dari 220 unit dan dipesan oleh 16 negara.

Tanto Eagle

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *