Mengenal kekuatan arsenal Angkatan Udara Portugis

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Di negara-negara kawasan Eropa Barat, Angkatan Udara Portugis atau secara lokal disebut sebagai Força Aérea Portuguesa (FAP) termasuk yang kurang kuat.

Arsenalnya terbilang minim, kekuatan tempur utamanya saat ini hanya didukung 25 unit jet tempur F-16A dan tiga versi F-16B bertempat duduk tandem.

Untuk lapis kedua, FAP baru akan mendatangkan sejumlah pesawat serang ringan A-29B dari Embraer, Brasil guna menggantikan jet latih tempur Alpha Jet yang sudah pensiun sejak 2018 lalu.

Pesawat latih dasar yang dimiliki FAP saat ini juga sudah ketinggalan aman, yakni masih mengandalkan Socata TB-30 dari Perancis sebanyak 15 unit.

C295

Untuk peran pesawat pengawasan maritim dan SAR, FAP mengoperasikan lima C295 MPA. Pesawat buatan Airbus DS ini didatangkan untuk menggantikan peran lima unit Lockheed P-3C Orion yang telah menua.

Selanjutnya peran pesawat transportasi serbaguna diisi oleh tujuh C295M dari Airbus DS.

Selain itu FAP tengah mengorder lima pesawat angkut C-390 Millenium dari Embraer untuk menggantikan empat Lockheed C-130H.

C-130Wikipedia

Sedangkan untuk armada sayap putar, FAP hanya memiliki lima helikopter ringan serbaguna Leonardo AW119K dan dua lagi dalam pesanan.

FAP juga mengoperasikan selusin helikopter medium berat serbaguna AW101 untuk melakukan misi transportasi dan SAR.

Karena minimnya anggaran, FAP juga harus menonaktifkan dua tim aerobatiknya yakni Asas de Portugal yang diperkuat Alpha Jet dan Rotores de Portugal yang menggunakan helikopter Alouette III.

Rangga Baswara Sawiyya

One Reply to “Mengenal kekuatan arsenal Angkatan Udara Portugis”

  1. kalau dibilang kurang kuat ya engga juga mas @Rangga BS, wilayah yang dicover AU Portugal juga ngga seberapa.. dan komposisi nya cukup lengkap lho, Tempur Sergap, Tempur Ringan, MPA, Angkut sedang/berat mayan lah itu

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *