Pertama kali, pasukan Ukraina hancurkan BMPT Terminator Rusia

BMPT Terminator
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Beredar luas di dunia maya, video pasukan artileri medan Ukriana berhasil menghancurkan untuk pertama kalinya kendaraan tempur canggih BMPT Terminator milik pasukan Rusia.

Diperkirakan Terminator dihantam amunisi artileri M982 Excalibur, sebuah amunisi berpemandu GPS dan inersia yang disumbangkan oleh Amerika Serikat pada Oktober 2022 lalu.

Airbus_contoh2

Unit artileri Ukraina telah menggunakan amunisi M982 Excalibur untuk menargetkan howitzer dan roket artileri medan, serta tank Rusia dengan tingkat akurasi yang tinggi.

Dengan kemungkinan kesalahan melingkar (CEP) 4 m, sementara amunisi artileri tak berpandu dapat menyimpang dari target hingga 150 m pada jarak 24 km.

Munisi M982 Excalibur dapat ditembakkan oleh semua howitzer derek modern dan self-propelled howitzer (SPH). Termasuk CAESAR Prancis, M777 dan M109A6 Amerika Serikat, Krab Polandia, PzH 2000 Jerman, dan Archer Swedia yang sekarang digunakan oleh angkatan bersenjata Ukraina.

Mengenai kendaraan tempur Terminator yang menjadi korban adalah alutsista baru, mulai diperkenalkan pada 2017 dalam Parade Militer Hari Kemenangan yang diadakan di Lapangan Merah, Moskow.

Terminator dirancang sebagai kendaraan tempur pendukung tank (TSFV) yang memiliki daya tembak yang luar biasa tinggi dan mematikan.

Kendaraan dibekali dua kanon otomatis 30 mm 2A42 yang mampu menyerang target darat seperti kendaraan lapis baja pada jarak 1.500 m. Sementara untuk target berkulit lunak hingga jarak 4.000 m.

Terminator juga dilengkapi dengan dua peluncur rudal 9M12 Ataka yang dirancang untuk mengalahkan tank dengan lapis baja komposit dan lapis baja reaktif eksplosif yang memiliki jangkauan operasional dari 400 m hingga 6.000 m.

Persenjataan lainnya adalah sebuah senapan mesini PKT 7,62 mm dan satu peluncur granat otomatis 30 mm yang dipasang di setiap sisi di depan lambung.

-RBS-

One Reply to “Pertama kali, pasukan Ukraina hancurkan BMPT Terminator Rusia”

  1. Edan. Tadinya mau liat kinerja terminator (dan T14), eh panggung malah direbut excalibur. Nunggu berita gemilang terminator niy.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *