Inggris akuisisi 14 helikopter baru Boeing CH-47ER Chinook untuk meningkatkan kemampuan pengangkutan berat angkatan bersenjatanya

RAF CH-47UK MoD
ROE

AIRSPACE REVIEW – Kementerian Pertahanan Inggris menyatakan kesepakatannya untuk mengakuisisi 14 helikopter baru Boeing CH-47ER Chinook untuk meningkatakn kemampuan pengangkutan berat angkatan udaranya (Royal Air Force/RAF).

Menteri Pertahanan Inggris Grant Shapps pada hari Kamis mengonfirmasi hal itu sebagai bagian dari Program Keberlanjutan Kemampuan Chinook.

Boeing_contoh2

Kemhan Inggris awalnya mengonfirmasi kesepakatan tersebut pada Mei 2021, namun pembicaraan untuk menyelesaikan negosiasi tersebut diperlambat oleh kekhawatiran Inggris mengenai pertumbuhan biaya dan masalah lainnya, media melaporkan.

Inggris menetapkan anggaran dasar untuk program ini sebesar £1,5 miliar (1,9 miliar USD) namun inflasi, nilai tukar mata uang asing, dan masalah lainnya meningkatkan biaya.

Jadwal pengiriman saat ini belum dipublikasikan, meskipun situs web yang dioperasikan oleh bagian Peralatan & Dukungan Pertahanan di Kementerian Pertahanan mengatakan pengiriman pertama ditetapkan pada tahun 2027 dengan program produksi berakhir pada tahun 2029.

Helikopter baru ini akan menggantikan peran Chinook lama di RAF. Saat ini terdapat kurang lebih 51 unit helikopter Chinook dari semula 60. Sebagian armada tua tersebut telah dipensiunkan.

Helikopter Chinook merupakan helikopter angkut berat bermesin ganda dan rotor tandem. Peran utamanya meliputi pergerakan pasukan, penempatan artileri, dan pasokan medan perang. Dengan kemampuan untuk beroperasi dalam berbagai kondisi—mulai dari iklim Arktik hingga lanskap gurun—Chinook adalah aset serbaguna dalam armada penerbangan Angkatan Bersenjata Inggris. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *