Angkatan Udara Kanada pensiunkan armada jet latih CT-155 Hawk

RCAF CT-155 Hawk_1RCAF

AIRSPACE REVIEW – Setelah menggunakan selama 24 tahun, Angkatan Udara Kerajaan Kanada (Royal Canadian Air Force/RCAF) mengambil keputusan untuk memensiunkan 18 jet latih CT-155 Hawk buatan BAE Systems, Inggris.

Selanjutnya, pelatihan para pilot RCAF akan dilaksanakan bekerja sama dengan NATO di pangkalan-pangkalan militer yang tersebar di seluruh Euro-Atlantik. Pelatihan dilaksanakan terutama untuk transisi menuju jet tempur generasi kelima F-35 Lightning II.

Program pelatihan sementara atau ‘jembatan’ ini akan dilakukan di bawah program Pelatihan Pilot Jet Gabungan (ENJJPT) di Pangkalan Angkatan Udara Sheppard di Texas. tulis Pemerintah Kanada di lamannya.

Program pelatihan Fighter Lead-in Training (FLIT) juga akan dilaksanakan di Finlandia dan di Sekolah Pelatihan Penerbangan Internasional Italia. RCAF akan menyertakan dua instruktur dan enam siswa mereka pada tahun 2025.

Operasi pelatihan menggunakan pesawat Hawk dihentikan di 15 Wing Moose Jaw, Saskatchewan pada musim panas 2023 lalu. Rencananya, RCAF akan mengirimkan hingga tujuh siswa pilot ke ENJJPT setiap tahunnya.

Siswa pilot RCAF yang tiba di Texas akan dilatih menggunakan pesawat T-38C Talon Angkatan Udara AS (USAF), jet latih legendaris yang telah digunakan USAF sejak tahun 1960-an. Walau tua, armada T-38C Talon USAF adalah pesawat yang telah di-upgrade avionik dan sistem pendukungnya pada 16 tahun lalu. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *