Kanada memesan 9 A330 MRTT kepada Airbus Defence and Space

A330 MRTTAirbus
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com)- Pemerintah Kanada telah memesan dan memberikan kontrak kepada Airbus Defence and Space untuk sembilan pesawat transpor dan tanker mulperan A330 MRTT.

Kesembilan pesawat tersebut terdiri dari empat A330 MRTT yang baru untuk dibangun dan konversi lima A330-200 bekas. Nilai kontrak diperkirakan sekitar 3 miliar dolar Kanada atau 2,1 miliar euro (tidak termasuk pajak).

Dikenal sebagai Strategic Tanker Transport Capability (STTC), A330 MRTT akan menggantikan peran CC-150 Polaris (A310 MRTT) yang telah menua,

A310 MRTT dioperasikan oleh Royal Canadian Air Force (RCAF) untuk melakukan operasi pengisian bahan bakar udara ke udara, pengangkutan udara militer dan personel serta kargo, evakuasi medis, serta transportasi strategis pejabat Pemerintah Kanada.

“Sebagai pesawat tanker multiperan tercanggih di dunia, MRTT A330 sangat cocok dengan kebutuhan Kanada untuk melindungi kedaulatannya serta untuk meningkatkan operasi baik di Komando Pertahanan Dirgantara Amerika Utara (NORAD) maupun di NATO,” ujar Mike Schoellhorn, Kepala Pejabat Eksekutif Pertahanan dan Antariksa Airbus, seperti disiarkan dalam rilis Airbus.

“Kanada mencapai peningkatan operasi ini tidak hanya dengan meningkatkan interoperabilitas dengan negara pelanggan MRTT A330 sekutu lainnya, tetapi juga karena keunggulan teknologi pesawat di depan persaingan global,” lanjut dia.

A330-200 yang baru akan dibangun dan dirakit di Jalur Perakitan Akhir pesawat A330 di Toulouse, Prancis. Pesawat ini dijadwalkan untuk melakukan konversi di fasilitas MRTT A330 di Getafe, Spanyol, pada pertengahan tahun 2025. MRTT pertama akan dikirim ke RCAF pada tahun 2027.

Berdasarkan perjanjian tersebut, MRTT A330 akan dilengkapi dengan hose dan drogue serta boom sebagai opsi pengisian bahan bakar, solusi keamanan siber, dan penanggulangan.

Semuanya dapat dipasang dengan solusi kit Evakuasi Medis Airbus, yang terdiri dari 2 Unit Perawatan Intensif dan tandu tambahan.

Kontrak tersebut mencakup rangkaian lengkap layanan pelatihan termasuk perangkat pelatihan paling canggih seperti Full Flight Simulator untuk mempersiapkan dan menjaga kesiapan awak sebagai bagian dari modernisasi infrastruktur pelatihan operasional udara Angkatan Bersenjata Kanada.

Setelah proses pengadaan terbuka, pada April 2021 Airbus dinyatakan terpilih sebagai satu-satunya pemasok yang memenuhi syarat untuk penggantian kapal tanker CC-150.

Airbus telah membukukan 76 pesanan A330 MRTT dari 15 pelanggan. Pesawat ini menguasai 90 persen pangsa pasar di luar AS.

Secara akumulatif A330 MRTT telah mengumpulkan lebih 270.000 jam terbang hingga saat ini.

Sebagai platform yang matang, pesawat telah terbukti dalam pertempuran di teater operasi seperti Timur Tengah dan Sayap Timur di Eropa, dengan interoperabilitas, keberhasilan misi, dan tingkat ketersediaan sebagai sorotan kinerjanya, tulis Airbus.

Airbus telah menjadi pemain industri terkemuka di sektor kedirgantaraan Kanada selama hampir 40 tahun.

Perusahaan ini mempekerjakan lebih dari 4.000 orang secara lokal dan mendapatkan sekitar 2 miliar dolar Kanada dari perusahaan Kanada.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *