Angkatan Udara Prancis merilis gambar intersepsi Mirage 2000-5 terhadap Su-30SM Rusia di atas Laut Baltik

Mirage 2000-5 cegat Su-30SM RusiaAAE

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Udara dan Antariska Prancis (AAE) merilis foto yang memperlihatkan jet tempur Mirage 2000-5 mereka sedang melakukan intersepsi terhadap jet tempur Su-30SM Rusia di atas Laut Baltik.

Foto ini muncul setelah pengumuman NATO yang menyatakan bahwa pada 1 Maret 2024 armada Mirage 2000-5 AAE telah mencegat pesawat tempur Rusia. Tidak hanya Su-30SM, jet tempur bersayap delta Prancis itu juga mencegat pesawat Rusia lainnya yakni sebuah pesawat pengintai Il-20 dan sebuah pesawat angkut An-72.

Saling intersepsi pesawat NATO dengan pesawat Rusia merupakan peristiwa yang sering terjadi, sebab kedua belah pihak masing-masing mengklaim mereka terbang di wilayah udara internasional dan tidak menembus kedaulatan udara negara lain.

Beberapa saat setelah foto AAE dirilis, Presiden Rusia Vladimir Putin mengeluarkan ancaman baru kepada Barat tentang perang nuklir. Putin mengatakan bahwa Rusia dapat menyebabkan “kehancuran peradaban”. Ia juga menduga bahwa pasukan NATO sedang bersiap untuk menyerang wilayah Rusia.

Sementara layanan pers Komando Angkatan Udara NATO menyatakan, insiden intersepsi di atas Laut Baltik itu terjadi wilayah udara internasional utara Polandia pada 29 Februari.

NATO menjabarkan, dua Mirage 2000-5 AAE mencegat dua jet Sukhoi Su-30SM Rusia, satu An-72, dan satu Il-20. Jet Mirage 2000-5 terbang dari Pangkalan Udara Siauliai, Lituania, selama misi Pemolisian Udara NATO.

NATO menambahkan, angkatan udara di seluruh Eropa mengerahkan jet tempur mereka lebih dari 300 kali untuk mencegat pesawat militer Rusia yang mendekati wilayah udara Aliansi pada tahun 2023 lalu. (RNS)

One Reply to “Angkatan Udara Prancis merilis gambar intersepsi Mirage 2000-5 terhadap Su-30SM Rusia di atas Laut Baltik”

  1. Ciri khas dalam setiap interaksi antara su 27/30 dengan pesawat barat. Biasanya oesawat barat menggondol rudal jarak oendek plus tabung bahan bakar eksternal sedangkan sukhoi selalu polosan hanya menggondol rudal. ?

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *