Pasukan Khusus Angkatan Bersenjata Jerman akan mendapatkan senapan serbu HK437

HK437Istimewa

AIRSPACE REVIEW – Pasukan Khusus dari Angkatan Bersenjata Jerman dilaporkan akan menjadi operator militer pertama senapan serbu Heckler & Koch HK433. Sejumlah senapan ini sedang dalam proses pengiriman. Senapan yang dikirimkan merupakan versi dengan kelengkapan peredam suara laras pendek yang dikenal sebagai HK437.

Situs berita pertahanan dan keamanan Jerman Hartpunkt pertama kali melaporkan rencana akuisisi HK437 oleh militer Jerman. Senapan ini selanjutnya akan berganti nama menjadi G39 di militer Jerman. Sumber The War Zone menyatakan, kontrak pengadaan senapan serbu terbaru telah ditandatangani oleh Bundeswehr dan Heckler & Koch pada awal bulan ini.

Kesepakatan itu menyebutkan bahwa pengiriman awal sebanyak 176 senjata beserta kelengkapannya segera dilaksanakan. Bundeswehr diperkirakan membeli sebanyak 988 unit HK437.

Hartpunkt tidak merinci unit operasi khusus Jerman mana yang akan menerima G39 baru ini. Dua kelompok pasukan operasi khusus utama Jerman adalah Komando Pasukan Khusus Angkatan Darat Jerman (Kommando Spezialkräfte/KSK) dan Komando Pasukan Khusus Angkatan Laut Jerman (Kommando Spezialkräfte Marine/KSM).

HK437 akan menjadi pengganti varian yang tersisa dari seri senapan mesin ringan Heckler & Koch MP5SD  9x19mm yang ikonik dan berperedam integral yang masih dalam layanan operasi khusus Jerman.

HK433 menggabungkan elemen senapan G36 dan HK416 Heckler & Koch. HK416 berasal dari pola AR-15/M16 AS, tetapi menggunakan mekanisme operasi piston gas daripada sistem pelampiasan langsung yang ditemukan pada induknya di Amerika.

Tidak seperti sistem pelampiasan langsung, piston gas tidak memasukkan materi partikulat tambahan ke dalam aksi internal senjata. Hal ini dapat mengurangi kebutuhan akan pembersihan, dan dalam beberapa kasus kemungkinan terjadinya pengotoran yang dapat menyebabkannya macet.

Versi dasar HK433 menggunakan peluru standar NATO 5,56x45mm, memiliki laras 16,5 inci, dan berat hanya di bawah delapan pon (3,6 kg) tanpa magasin atau aksesori lainnya.

Namun, senjata ini dirancang sejak awal untuk menjadi sangat modular dengan sistem laras yang dapat diubah dengan cepat dan paket pemicu yang dapat dipertukarkan yang menawarkan opsi kontrol dan tata letak yang berbeda. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *