Tidak sengaja, India tembakkan rudal ke Pakistan

Penembakan Rudal dari IndiaDaily Mail
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – India mengatakan secara tidak sengaja telah menembakkan rudal ke Pakistan pada hari Rabu, dan menyalahkan insiden itu pada kerusakan teknis selama pemeliharaan rutin.

Delhi mengatakan sangat menyesalkan atas kejadian tersebut dan menyatakan lega tidak ada yang tewas akibat insiden tersebut.

Airbus_contoh2

Dalam sebuah pernyataan, Kementerian Pertahanan India mengatakan, “Pada 9 Maret 2022, dalam pemeliharaan rutin, kerusakan teknis menyebabkan penembakan rudal yang tidak disengaja.”

Ditambahkan, Pemerintah India telah mengambil pandangan serius dan memerintahkan penyelidikan dan pengadilan tingkat tinggi atas kejadian tersebut.

Dilain pihak, Militer Pakistan mengatakan sebuah benda terbang dengan kecepatan tinggi telah jatuh di dekat kota timur Mian Channu.

Angkatan Udara Pakistan mengatakan rudal itu melaju dengan kecepatan 3 Mach (tiga kali kecepatan suara) pada ketinggian 12.000 m dan terbang 124 km di wilayah udara Pakistan sebelum jatuh.

Rudal ini telah diluncurkan dari Sirsa di negara bagian Haryana, dan membahayakan jalur penerbangan pesawat penumpang nasional dan internasional baik di wilayah udara India sendiri dan Pakistan.

Pakistan memperingatkan India untuk mewaspadai konsekuensi yang tidak menyenangkan dari kelalaian semacam itu dan untuk menghindari terjadinya pengulangan.

Pada hari Jumat, kementerian luar negeri Pakistan mengatakan telah memanggil kuasa usaha India untuk mengadukan insiden tersebut, seperti dilaporkan BBC (11/3).

Pakistan juga mendesak India untuk berbagi informasi atas temuan penyelidikannya tentang apa yang terjadi.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *