Tangkal kejahatan terorganisir, Angkatan Laut Venezuela operasikan 2 kapal cepat rudal kelas Zolfaghar buatan Iran di dekat Trinidad dan Tobago

Kapal cepat rudal Zolfagar buatan iranConflictsW

AIRSPACE REVIEW – Kapal cepat rudal kelas Zolfaghar (Peykaap III) milik Angkatan Laut Venezuela, dilaporkan tengah beroperasi di dekat Teluk Paria, perairan strategis di lepas pantai timur laut Venezuela. Informasi pergerakan kapal yang dibeli dari Iran ini diungkapkan oleh ConflictsW pada 25 Februari 2024.

Teluk Paria, merupakan perairan penting yang memisahkan Venezuela dari tetangga dekatnya Trinidad dan Tobago. Kawasan ini telah mengalami peningkatan signifikan dalam pembajakan, penyelundupan, dan bentuk kejahatan terorganisir lainnya, yang secara langsung terkait dengan memburuknya situasi di Venezuela.

Krisis politik, ekonomi, dan sosial yang sedang berlangsung di Venezuela telah menyebabkan kekurangan barang-barang kebutuhan pokok, hiperinflasi, dan gangguan hukum dan ketertiban di banyak wilayah di Venezuela.

Kondisi ini mendorong individu dan kelompok kriminal terorganisir mengeksploitasi jalur laut untuk menyelundupkan barang masuk dan keluar Venezuela.

Barang-barang seperti narkoba, senjata, dan kebutuhan dasar lainnya seperti makanan dan obat-obatan umumnya diperdagangkan melalui Teluk Paria, memanfaatkan kesenjangan ketersediaan dan harga antara kedua negara.

Mengenai kapal rudal kelas Peykaap III, merupakan kapal perang permukaan antikapal dan digunakan juga untuk patroli pesisir. Memiliki bobot perpindahan 13,75 ton dan berukuran panjang 17,3 m, lebar 3,75 m, dan draf 70 cm.

Kapal ini didukung oleh dua mesin diesel, dengan total daya 2.400 hp, memungkinkannya mencapai kecepatan hingga 52 knot (96 km/jam).

Sebagai persenjataan utamanya adalah dua peluncur rudal antikapal dan membawa senjata pendukung berupa dua senapan mesin 12,7 mm. (RBS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *