USAF akan menguji penerbangan otonom pesawat tanker KC-135 Stratotanker, nantinya akan menjadi pesawat peluncur drone

KC-135 Stratotanker elephant walkUSAF

AIRSPACE REVIEW – Angkatan Udara AS (USAF) akan melaksanakan pengujian terbang otonom pesawat tanker KC-135 Stratotanker. Pada tahap awal teknologi ini akan membantu mengurangi beban kerja operator. Selain itu USAF juga merencanakan pesawat KC-135 sebagai platform peluncuran udara untuk armada drone. Pengujian rencananya akan dilaksanakan pada musim panas tahun ini.

Panglima Komando Mobilitas Udara (AMC) Jenderal Angkatan Udara Mike Minihan mengatakan hal itu dalam pertemuan dengan media di acara di acara Air & Space Forces Association Warfare Symposium beberapa waktu lalu. Perusahaan teknologi penerbangan otonom Merlin dipilih untuk mendukung proyek otonomi KC-135 tersebut, lapor The War Zone yang hadir dalam pertemuan tersebut.

Dikatakan, Merlin saat ini sedang mengerjakan kemampuan untuk mengambil alih badan pesawat yang ada dan memberikan sistem otonom padanya.

Merlin Pilot adalah paket otonomi berbasis perangkat lunak terukur yang dirancang untuk mudah diintegrasikan ke dalam berbagai jenis pesawat guna membantu mengotomatisasi sejumlah fungsi di pesawat.

Merlin telah mendemonstrasikan variasi sistem ini pada jenis pesawat lain di masa lalu, termasuk kemampuan penerbangan opsional pilot penuh.

Perusahaan ini sebelumnya mengumumkan akan berupaya mengintegrasikan beberapa kemampuan otonom ini ke dalam pesawat C-130 Hercules milik UAF, namun status pasti dari upaya tersebut masih belum jelas. (RNS)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *