Rekor! 2 KC-135 Stratotanker beroperasi terus-menerus selama 72 jam

_KC-135 mengisi bahan bakar di udara ke B-52USAF
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Dua pesawat tanker KC-135 Stratotanker milik Angkatan Udara AS (USAF) mencatatkan rekor baru dengan beroperasi selama 72 jam terus menerus.

Catatan rekor ketahanan sebelumnya dicapai oleh KC-135 USAF selama 40 jam.

Rekor baru dibukukan oleh 2 KC-135 USAF selama penerbangan yang dilaksanakan pada 4-7 Oktober 2022.

Pesawat tersebut terbang melaksanakan misi secara terus menerus dan hanya mendarat  dalam waktu singkat untuk mengisi bahan bakar, mengganti kru dan oli mesin, sambil menghidupkan satu mesin.

Misi ini dilaksanakan Air Refueling Wing (ARW) ke-92 dari Pangkalan Angkatan Udara Fairchild, ARW ke-141, Wing Mobilitas Udara ke-452 dari March Air Reserve Base, dan ARW ke-134 dari Pangkalan Pengawal Nasional Udara McGhee Tyson, Tennessee, AS.

Misi ini sekaligus mendemonstrasikan kemampuan pengisian bahan bakar di udara multihari pesawat KC-135 Stratotanker, kata USAF.

Komandan Grup Pemeliharaan ke-92 Kolonel Craig Giles mengatakan, misi ketahanan ini adalah bukti konsep untuk mendukung upaya perencanaan Angkatan Udara Pasifik dan fokus USAF pada Generasi Misi Persisten.

Selama misi ketahanan tiga hari itu, awak yang dikerahkan secara bergantian terus menerus mengoperasikan dua pesawat KC-135 untuk mengisi bahan bakar di udara terhadap empat jenis pesawat berbeda milik USAF.

Keempat pesawat tersebut adalah dua pembom B-52 Stratofortresses dan B-2 Spirit serta dua pesawat AWACS yakni E-6B Mercury dan E-3 Sentry.

Misi tersebut menempuh jarak lebih dari 36.000 mil, menunjukkan kesiapan pesawat untuk melakukan misi di teater Indo-Pasifik.

-Jaden-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *