Kembangkan armada dan jaringan, Thai Airways pesan 45 unit Boeing 787 Dreamliner

Boeing 787-9 Thai AiwaysBoeing
ROE

THAI Airways dan Boeing pada 20 Februari mengumumkan kesepakatan pengadaan 45 unit pesawat badan lebar Boeing 787 Dreamliner. Pengadaan pesawat ini sebagai langkah Thai Airways untuk memodernisasi dan mengembangkan armada berbadan lebar dan jaringan internasionalnya.

Thai Airways memilih 787-9 untuk mendukung strategi jangka panjangnya dalam memperbarui dan memperluas armadanya dengan jet yang lebih efisien, serta membuka rute baru guna mendukung tingginya permintaan perjalanan udara di Asia Tenggara.

Boeing_contoh2

“Untuk mencapai tujuan netral karbon perusahaan kami dan nasional pada tahun 2050, 45 Boeing 787 Dreamliner baru akan dilengkapi dengan mesin GEnx, yang terkenal dengan teknologi mutakhir dan mengurangi dampak lingkungan,” kata Chai Eamsiri, CEO Thai Airways.

“Selain itu, kami yakin bahwa akuisisi 787 Dreamliners pada akhirnya akan menguntungkan pelanggan kami dan mendukung pertumbuhan perekonomian negara kami,” lanjutnya.

Thai Airways menerbangkan jet berbadan lebar ─ termasuk pesawat 777 dan 787 ─ ke hampir 60 tujuan domestik dan internasional, termasuk Timur Tengah, Asia dan Eropa. Dengan lebih banyak pesawat 787-9 dalam armadanya, maskapai ini akan beroperasi lebih efisien, karena keluarga Dreamliner mengurangi penggunaan bahan bakar dan emisi hingga 25% dibandingkan dengan pesawat yang digantikannya.

“Investasi strategis Thai Airways pada 787 Dreamliner dibangun berdasarkan kemitraan jangka panjang kami dan menandakan komitmen maskapai ini untuk mengoperasikan armada yang modern, efisien, dan fleksibel,” kata Brad McMullen, wakil presiden senior Penjualan dan Pemasaran Komersial Boeing.

“Pesanan ini akan mendukung kemampuan Thai Airways dalam memenuhi permintaan, mendorong pariwisata dan perdagangan, serta menciptakan peluang lebih lanjut bagi maskapai ini,” ia menambahkan.

Pesanan tersebut, yang diselesaikan pada bulan Desember 2023, terdaftar sebagai pesanan yang tidak teridentifikasi di situs web Pemesanan & Pengiriman Boeing.

Commercial Market Outlook 2023 Boeing untuk Asia Tenggara memproyeksikan bahwa armada pesawat berbadan lebar di kawasan ini akan mengalami peningkatan tiga kali lipat dalam 20 tahun, dengan meningkatnya permintaan terhadap hampir 800 pesawat termasuk jet penumpang seperti keluarga Boeing 787 Dreamliner dan 777X, serta model pesawat kargo.

Dengan panjang 20 kaki (6 meter) dibandingkan 787-8, 787-9 akan memungkinkan Thai Airways menerbangkan hampir 20% lebih banyak penumpang lebih jauh dan membangun rute yang pertama kali dibuka oleh 787-8. Sejak layanan pendapatan dimulai pada tahun 2011, keluarga 787 telah meluncurkan lebih dari 390 rute nonstop baru di seluruh dunia, tulis Boeing dalam rilisnya.

Kemitraan Boeing dengan Thai Airways dan dukungan terhadap industri penerbangan negara tersebut telah berlangsung selama lebih dari 60 tahun. Kehadiran Boeing di Thailand mencakup kantor di Bangkok dan dukungan untuk tujuan-tujuan penting termasuk pendidikan STEM, program bagi penyandang disabilitas, dan penghidupan berkelanjutan melalui metode permakultur.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *