Pesan 186 unit, Australia berkontribusi pada desain kendaraan lapis baja baru Rheinmetall Boxer CRV Block ll

Rheinmetall Boxer CRV Block llAustralian DoD

TENTARA Australia dari Resimen Kuda Ringan ke-2/14 (Queensland Mounted Infantry) dikabarkan secara aktif berpartisipasi dalam pengujian dan pengembangan versi terbaru dari kendaraan intai tempur Rheinmetall Boxer CRV Block II di Unterluss, Jerman.

Hingga akhir tahun lalu, mereka terlibat dalam pengujian ketat terhadap fitur-fitur canggih kendaraan dalam kondisi cuaca ekstrem. Termasuk juga menembakkan kanon MK30-2 dan senapan mesin MAG58, serta mengevaluasi kemampuan amunisi baru yang dapat diprogram.

Boxer CRV Block II ini adalah versi lanjutan dari Boxer Block I, yang dirancang untuk memenuhi kebutuhan militer modern akan pengintaian, pengawasan, dan kemampuan tempur.

Evolusi Boxer CRV ini merupakan hasil kolaborasi erat antara Australia dan Jerman, yang bertujuan untuk menyediakan Angkatan Darat Australia panser yang sangat mobile, modular, dan mudah beradaptasi untuk berbagai misi medan perang.

Perbaikan pada Boxer Block II mencakup peningkatan intelijen tempur, pengawasan, sistem pengintaian, dan sistem kendali senjata, yang mencerminkan evolusi signifikan dari kendaraan Block I.

Keunikan Boxer CRV Block II terletak pada desain modularnya yang memungkinkan penambahan atau modifikasi modul berdasarkan kebutuhan spesifik misi. Kendaraan ini juga dilengkapi dengan turret Lance 2.0 yang ditingkatkan, mampu menembakkan amunisi yang dapat diprogram serta peluru standar 30 mm.

Selain itu, Boxer Block II mengintegrasikan sistem pengintaian dan pengawasan canggih, secara signifikan meningkatkan kesadaran situasional kru dan kemampuan untuk mendeteksi dan menyerang target secara akurat.

Angkatan Darat Australia, sebelumnya telah menerima 25 unit Boxer Block I antara tahun 2019 hingga 2021.. Selanjutnya mengakuisisi lagi 186 unit tambahan dalam versi Boxer Block ll, yang rencananya akan dikirimkan secara bertahap mulai tahun ini.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *