AL Jepang resmi tugaskan kapal selam SS-514 Hakugei

SS-514 HakugeiKHI
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Angkatan Laut Jepang atau dikenal sebagai Pasukan Bela Diri Maritim Jepang (JMSDF) pada 20 Maret 2023 resmi menugaskan kapal selam SS-514 Hakugei. Seremoni dilakukan di fasilitas Kawasaki Heavy Industries (KHI) di Kobe.

Hakugei (Paus Putih) merupakan kapal selam kedua kelas Taigei (Paus Besar) untuk JMSDF. Selanjutnya, SS-514 Hakugei akan berbasis di Kure.

Kapal selam pertama di kelasnya, SS-513 Taigei, telah diluncurkan oleh galangan kapal Mitsubishi Heavy Industries (MHI) di Kobe pada Oktober 2020 dan ditugaskan ke JMSDF pada Maret 2022.

Kemudian kapal selam ketiga, SS-515 Jingei (Paus Cepat) yang juga dibangun oleh MHI, telah diluncurkan pada Oktober 2022 tahun lalu.

Kapal selam kelas Taigei ini adalah penerus kapal selam kelas Soryu yang telah uzur. Total dipesan sebanyak tujuh unit yang akan dibangun oleh MHI dan KHI.

Untuk spesifikasinya, kelas Taigei memiliki pemindahan bobot standar sekitar 3.000 ton, panjang: 84 m, lebar 9,1 m, dan diawaki 70 orang.

Kapal digerakkan menggunakan mesin diesel-elektrik dengan baterai lithium-ion. Mesin ini tergolong sebagai penggerak senyap atau kebisingan sangat rendah.

Sebagai kapal selam pemburu, kelas Taigei dilengkapi dengan persenjataan berupa enam torpedo Type 89 atau model baru Type 18 dan juga membawa rudal Harpoon.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *