Menteri Pertahanan Nasional Rumania menyatakan negaranya tidak dalam bahaya perang: Wajib militer bersifat sukarela, mereka akan mendapatkan gaji bila bergabung

Pelatihan pilot F-16 Eropa di RumaniaRomanian MND
ROE

MENTERI Pertahanan Nasional Rumania Angel Tîlvăr menyatakan bahwa negaranya tidak dalam bahaya perang. Pemerintah tidak akan memaksakan wajib militer dan pilihan ini bersifat sukarela. Demikian dikatakan Tîlvăr dalam wawancara dengan Monitorul Apărării si Securității (MAS) baru-baru ini.

Selain itu, ia menyatakan bahwa Angkatan Darat Rumania memiliki lebih dari 60 program dana abadi untuk semua kategori pasukan. Pada tahun 2024, Rumania akan memulai program akuisisi pesawat F-35 dan solusi untuk senjata serbu baru sedang dianalisis.

Boeing_contoh2

Relawan militer akan mendapat manfaat dari tunjangan bulanan, dan di akhir program mereka akan menerima tiga pendapatan gaji kotor rata-rata. Selanjutnya, mereka dapat memilih cadangan sukarela, militer profesional, atau kader militer.

Dikatakan bahwa warga negara Rumania, pria dan wanita, yang memiliki tempat tinggal permanen di Rumania , dengan usia antara 18 dan 35 tahun, yang ingin mengikuti pelatihan militer akan dipersilakan. Pelatihan ini tidak akan menggantikan dinas militer sebagai pasukan cadangan sukarela, namun akan melengkapinya sebagai suatu bentuk yang berbeda.

Proyek ini menyediakan partisipasi, secara sukarela, dalam program pelatihan dasar militer, yang berlangsung hingga empat bulan, sebagai sukarelawan militer dalam jangka waktu tersebut. Dengan diperkenalkannya konsep ini, peningkatan cadangan mobilisasi yang semakin menurun akibat penangguhan wajib militer di masa damai diperhitungkan.

Menurut usulan legislatif, selama program pelatihan dasar militer, personel militer sukarelawan akan mendapatkan keuntungan dari akomodasi, peralatan dan hak pangan, bantuan medis dan obat-obatan, serta tunjangan bulanan, serupa dengan personel militer berpangkat prajurit, serta akan mematuhi ketentuan hukum dan peraturan militer.

Setelah menyelesaikan program pelatihan, mereka akan menerima tunjangan yang mewakili tiga pendapatan gaji kotor rata-rata yang digunakan sebagai dasar anggaran asuransi sosial negara pada tahun pembayaran dilakukan, dan pusat militer akan mencatatnya dan memasukkannya ke dalam cadangan operasional. .

Jika setelah menyelesaikan program ini generasi muda merasa tertarik menjadi tentara, mereka dapat memilih untuk menjadi sukarelawan, atau berkarir sebagai tentara profesional atau perwira militer.

Sebagai satu-satunya negara di kawasan yang mengoperasikan jet tempur F-16, Rumania memberikan kontribusi yang signifikan pada tingkat pelatihan dengan menjadi tuan rumah Pusat Pelatihan F-16 Eropa. Pusat latihan ini didedikasikan untuk pelatihan pilot Rumania, dari negara sekutu dan mitra, termasuk Ukraina.

Berkenaan dengan pelatihan pilot Ukraina, mereka akan memulai proses pelatihan pada saat mereka akan melewati semua tahap awal yang diperlukan untuk memenuhi syarat ke tingkat pelatihan yang disediakan oleh Pusat. Saat ini, hanya pilot Rumania yang dilatih di Pusat tersebut. Hal penting diberikan oleh fakta bahwa pilot juga dilatih dalam mode tempur.

Terkait pertanyaan Laut Hitam yang menjadi garis depan kedua dalam perang agresi Rusia terhadap Ukraina dan dengan demikian Rumania menghadapi risiko insiden yang disebabkan oleh ranjau laut yang terbawa arus semakin meningkat, Menhan Tîlvăr menyatakan bahwa sebagai bagian dari upaya memperkuat keamanan di kawasan Laut Hitam, pada tanggal 11 Januari 2024 pihaknyua telah merundingkan dan menandatangani Nota Kesepahaman pembentukan Satuan Tugas pemberantasan ranjau laut, bersama dengan Bulgaria dan Turki.

Sejauh ini, kata dia, lebih dari 90 ranjau laut yang hanyut telah dihancurkan, lima di antaranya dilakukan oleh Angkatan Laut Rumania. Koordinasi antara MCM Laut Hitam dan NATO akan sangat penting, begitu pula dukungan dengan kemampuan dan personel negara-negara sekutu non-riparian, sesuai dengan ketentuan dalam Memorandum. Beberapa anggota NATO telah menunjukkan minat terhadap kemungkinan berpartisipasi dalam Satuan Tugas MCM Laut Hitam. MCM Laut Hitam akan mempertahankan kebijakan pintu terbuka mengenai kerja sama dengan NATO dan negara-negara non-riparian NATO, sesuai dengan Konvensi Montreux, termasuk melalui partisipasi personel dan kemampuan mereka.

Terkait lebih dari 60 program dana abadi untuk semua kategori kekuatan sedang aktif dalam berbagai tahap, Menhan Rumania menekankan pada masuknya sistem persenjataan dan militer yang sedang berjalan. Tahun ini dan hingga musim panas 2025, seluruh 32 pesawat F-16 dari Norwegia akan tiba di Rumania di mana tiga yang pertama sudah diterima. “Kami sekarang fokus pada transisi ke pesawat F-35 generasi kelima dan kami ingin memulai program ini sesegera mungkin,” jelas dia.

Program sukses lainnya adalah pembelian tujuh sistem pertahanan udara Patriot. Empat yang pertama telah diterima dan satu telah dioperasionalkan dan diintegrasikan ke dalam sistem pertahanan udara nasional. Rumania telah memperoleh konfigurasi perangkat keras dan perangkat lunak paling modern dari sistem Patriot dalam pelayanannya, konfigurasi yang telah diuji dalam pertempuran dan mampu menghadapi semua jenis ancaman udara saat ini.

“Saya telah memberi tahu Anda tentang bahaya Laut Hitam dan saya ingin menyebutkan bahwa kami telah menjalankan misi dengan pemburu ranjau pertama yang saya beli dari Inggris Raya. Pemburu ranjau M270 “Sublieutenant Ion Ghiculescu” adalah kapal tempur pertama yang masuk Angkatan Laut setelah kurang lebih 20 tahun, setelah Fregat Regina Maria. Pada musim panas tahun ini, pemburu ranjau kedua juga akan tiba di Rumania,” lanjut Tîlvăr.

Mengenai beberapa peluncur rudal HIMARS, dari tiga sistem yang dibeli, batalion pertama telah tiba dan sudah menembak bersama dengan sekutu Amerika dan Perancis, namun elemen dari sistem kedua juga akan datang.

Saya dapat menjamin Anda bahwa spesialis di Kementerian Pertahanan Nasional memantau semua program ini, ditambah program lain yang tidak disebutkan, seperti pengangkut personel lapis baja Piranha, peluncur rudal anti-kapal bergerak, sistem drone Bayraktar TB2 dan Watchkeeper, modernisasi IAR-99 dan pesawat C-27J Spartan, akuisisi helikopter dan kendaraan serbu untuk Angkatan Laut, dan lainya, bukanlah tugas yang mudah, karena pesanan meningkat, sementara kapasitas produksi tetap sama.

Untuk tahun 2024, Kementerian Pertahanan Nasional Rumania mengusulkan dimulainya beberapa program, seperti senjata serbu baru, kendaraan tempur infanteri, satelit militer, drone yang berkeliaran, modernisasi fregat, dan sistem antidrone.

-RNS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *