Tak hanya alutsista sungguhan, umpan palsu juga dipamerkan di WDS 2024 Riyadh

M270 MLRS palsuIstimewa

PADA Pameran Pertahanan Dunia (WDS) 2024 di Riyadh, Arab Saudi pada 4-8 Februari, tak hanya dipamerkan alutsista perangkat keras sungguhan, namun juga umpan palsu (decoy). Perusahaan yang menjajakan decoy tersebut adalah Inflatech dari Republik Ceko, yang membawa tiruan sistem M270 MLRS.

Inflatech memang mengkhususkan diri dalam umpan militer. Mereka menawarkan beragam model tiup yang meniru peralatan militer nyata seperti tank dan kendaraan lapis baja lainnya. Nah, sistem peluncur roket M270 palsu ini adalah produk terbaru mereka.

Umpan M270 dirancang untuk mengelabui musuh dengan mensimulasikan keberadaan perangkat keras militer yang sebenarnya tidak ada. Hal ini dapat menyebabkan kesalahan alokasi sumber daya musuh atau serangan terhadap sasaran strategis yang tidak berguna, sehingga menghemat peralatan dan nyawa manusia yang mahal.

Umpan ini terbuat dari sutra sintetis dan dapat menciptakan tanda termal dan radar, sehingga tidak dapat dibedakan dari peralatan nyata bagi musuh. Termasuk kelebihannya adalah ringan dan mudah diterapkan, dapat diatur dengan cepat oleh tim kecil, menawarkan solusi yang ekonomis dan efektif untuk menipu musuh.

Biaya umpan ini hanya sebagian kecil dibandingkan dengan biaya peralatan sebenarnya dan potensi kerusakan yang dapat dicegah jika serangan berhasil.

Produk Inflatech sangat relevan saat ini, di mana strategi penipuan dan penyembunyian menjadi semakin penting di medan perang, termasuk yang sedang terjadi di palagan Ukraina

Mengenai M270 Multiple Launch Rocket System (MLRS) adalah sistem artileri roket self-propelled lapis baja yang dikembangkan oleh Amerika Serikat. Sistem ini juga digunakan oleh beberapa anggota NATO.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *