KMW dan EODH ungkap solusi modernisasi tank jadul Leopard 1A5 Yunani, termasuk gunakan Cope Cage

Leopard 1A5 Yunani_ Airspace ReviewEODH

TREN PENGGUNAAN sangkar baja atau Cope Cage makin meluas. Tak hanya untuk tank tempur utama (MBT) modern, tank lama pun dapat dilengkapi dengan perangkat antidrone kamikaze ini.

Adalah perusahaan Jerman KMW (KNDS) dan EODH asal Yunani, mereka telah mempresentasikan proposal kepada Staf Umum Yunani (HAGS), pada 30 Januari, mengenai modernisasi tank Leopard 1A5 milik AD Yunani.

Diketahui tank jadul ini akan dikirimkan ke Jerman untuk di tingkatkan (upgrade) sebelum disumbangkan ke Ukraina. Inti dari rencana EODH dan KMW yakni memberikan proyek keuntungan berupa garansi pabrik asli setidaknya selama dua dekade tambahan.

Cetak biru modernisasi mencakup bidang-bidang penting seperti perlindungan, mobilitas, dan kemampuan mematikan, yang bertujuan untuk meningkatkan Leopard 1A5 ke tingkat yang lebih canggih.

Peningkatan mencakup sistem Active Reaction Armor (ERA) yang ringan, cakupan perimeter dengan Cage Armor, dan fitur opsional seperti pelindung jaring atap untuk pertahanan yang ditingkatkan.

Untuk mempertahankan kelincahan meskipun lapis baja ditingkatkan, proposal ini memperkenalkan mesin baru yang lebih bertenaga, memberikan rasio tenaga terhadap berat yang unggul.

Suspensi yang ditingkatkan dan sistem lintasan opsional semakin meningkatkan kemampuan manuver, sementara peningkatan pada kursi pengemudi memastikan kenyamanan optimal dalam berbagai kondisi.

Lalu peningkatan daya tembak mencakup rudal antitank berpemandu dan amunisi berkeliaran, serta sistem penggerak menara/senjata yang dimodernisasi dan Sistem Pengendalian Tembakan Berkinerja Tinggi (FCS).

Fitur opsional lainnya seperti Pelacakan Target Otomatis dan Sistem Referensi Lubang Barel Dinamis meningkatkan kecakapan tempur tank.

Selain itu, proposal tersebut mencakup perakitan C5I canggih untuk meningkatkan kesadaran situasional dan komunikasi antartank, menampilkan arsitektur yang berpusat pada AI (kecerdasan buatan) dan tulang punggung data yang kuat.

Menariknya, proposal modernisasi ini juga mencakup pemasangan canopi baja di atas turet untuk mencegah serangan drone kamikaze.

Dalam perang modern seperti yang terjadi antara Rusia dengan Ukraina, penggunaan beragam jenis drone kamikaze atau amunisi berkeliaran makin meningkat. Senjata murah ini sangat efektif digunakan untuk mengeliminasi target strategis mahal.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *