Helikopter Panther TNI AL pertajam kualifikasi Ship Board Operation di KRI Makassar-590

Helikopter MBE Panther Puspenerbal melakukan latihan pendaratan dan take off di KRI MakassarPuspenerbal
ROE

SEBAGAI bagian dari peningkatan kualifikasi penerbang TNI Angkatan Laut, helikopter AS 565 MBe Panther yang dioperasikan oleh Skuadron Udara 100 Wing Udara 2 Pusat Penerbangan TNI AL (Pupenerbal) Juanda melaksanakan Ship Board Operation (SBO) di KRI Makassar-590 yang sedang berlayar di sekitar Alur Pelayaran Barat Surabaya pada 2 Februari lalu.

Sebagai instruktur dalam latihan ini adalah ayor Laut (P) Aris Pujiantoro yang sehari-hari menjabat sebagai Komandan Skuadron Udara 100 dan Lettu Laut (P) Andromeda sebagai Siswa Pilot yang melaksanakan Captaincy Training di Heli AS 565 MBe Panther.

Komandan Wing Udara 2 Puspenebal Juanda Kolonel Laut (P) Adam Firmansyah mengatakan, Touch and Go heli di atas dek KRI Makassar dilaksanakan beberapa kali. Heli melakukan hal itu ketika kapal sedang berlayar dengan kecepatan rata-rata 15 knot.

Menurut Adam, kemampuan prosedur SBO tentu wajib dimiliki bagi para penerbang helikopter di lingkungan Puspenerbal guna mendukung operasi baik Operasi Militer Perang (OMP) maupun Operasi Militer Selain Perang (OMSP).

Latihan ini sekaligus menjadi salah satu materi wajib yang harus dilewati sejak menjadi Siswa Penerbang TNI Angkatan Laut.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *