Armada Typhoon Angkatan Udara Inggris bergabung dengan sekutu untuk melaksanakan latihan multinasional Spears of Victory 24 di Arab Saudi

Spears of Victroy 2024RAF

ARMADA JET tempur Eurofighter Typhoon Skuadron XI Angkatan Udara Inggris (RAF) yang berbasis di Coningsby bergabung dengan pesawat-pesawat dari negara sekutu lainnya untuk melaksanakan latihan multinasional Spears of Victory 24 di Pangkalan Udara King Abdulaziz, Arab Saudi.

Komandan Detasemen Inggris, Pemimpin Skuadron Hodgkinson menyatakan, latihan ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk melatih kerja sama dengan mitra-mitra strategis.

“Spears of Victory 24 adalah kesempatan pelatihan yang sangat penting bagi pasukan kami untuk bekerja bersama mitra strategis di kawasan guna menunjukkan kapasitas udara tempur dari pilot dan insinyur kami yang sangat terlatih dalam pasukan Typhoon,” ujar dia.

Ia menambahkan, RAF mengupayakan keunggulan dalam dominasi udara, berkolaborasi dengan sekutu yang telah bersatu dalam menunjukkan komitmen terhadap stabilitas di Timur Tengah yang lebih luas.

Latihan “Tombak Kemenangan” dirancang untuk meningkatkan kemahiran taktis pilot dari masing-masing negara yang ambil bagian, sekaligus memberikan kesempatan kepada pilot RAF untuk bekerja berdampingan dengan mitra dari seluruh dunia.

Selama latihan tersebut, RAF akan memiliki kesempatan untuk merencanakan dan melaksanakan misi kompleks dengan negara-negara lain di lingkungan gurun yang sedang diuji.

Spears of Victory akan mencakup pelatihan seputar komando dan kendali, perencanaan misi dan integrasi. Tujuan dari latihan ini adalah untuk menjamin pelatihan tingkat tinggi bagi semua peserta.

Selain armada Typhoon RAF yang ikut serta dalam latihan tahun ini, pilot Angkatan Udara Kerajaan Saudi (RSAF) selaku tuan rumah juga akan menerbangkan armada Typhoon, Tornado, dan F-15SA.

Negara-negara lain yang terlibat dalam latihan ini adalah Bahrain, Yunani, Qatar, UEA, Prancis, Pakistan, dan Oman.

Amerika Serikat tidak ikut dalam latihan tahun ini, namun telah mengerahkan unit gabungan Garda Nasional untuk menyediakan berbagai kegiatan dukungan darat, termasuk petugas pemadam kebakaran, keamanan, dan logistik untuk mendukung latihan tersebut.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *