Pertama kali, RAF Typhoon gunakan rudal Storm Shadow dalam perang

Typhoon FGR4 membawa rudal Storm ShadowCrown Copyright

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Untuk pertama kalinya jet tempur Angkatan Udara Kerajaan Inggris (RAF) Eurofighter Typhoon FGR4 menggunakan rudal jelajah siluman Storm Shadow di medan perang.

Rudal itu diluncurkan oleh Typhoon saat menyerang gua persembunyian ISIS di barat daya Erbil, Irak pada 10 Maret 2021.

Kementerian Pertahanan Inggris mengatakan, rudal ini pernah digunakan oleh jet tempur Tornado GR4 yang sudah dipensiunkan. Sedangkan untuk Typhoon, baru pertama kali ini menggunakannya di medan tempur.

Dijelaskan, gua-gua persembunyian ISIS itu merupakan target yang sulit. Dipastikan juga bahwa saat serangan dilakukan tidak ada warga sipil yang berada dalam zona bahaya.

Rudal Storm Shadow dipilih RAF sebagai rudal yang paling cocok digunakan dalam serangan tersebut. Rudal mengenai targetnya secara presisi.

Storm Shadow dengan panjang 5 meter dan bobot 1.300 kg dibuat oleh MBDA. Pada 2011 di Libia, rudal ini digunakan secara masif oleh armada Tornado RAF.

Selain serangan terhadap gua ISIS di wilayah Erbil, pada keesokan harinya Typhoon juga melakukan serangan di pegunungan terpencil di wilayah yang sama. Pengeboman kali itu menggunakan bom berpemandu presisi Paveway IV.

Setelah itu, di hari-hari berikutnya Typhoon RAF melakukan serangan-serangan yang lain menggunakan Paveway IV di tempat berbeda.

Poetra M

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *