Angkatan Udara Nigeria menerima 2 T129 ATAK, 1 Diamond 62, dan 1 King Air 360ER

T-129 ATAK NigeriaVia X
ROE

ANGKATAN UDARA NIGERIA (NAF) baru-baru ini menerima lima pesawat baru, terdiri dari dua helikopter TA T129 ATAJ buatan Turkiye, dua pesawat Diamond 62 yang diproduksi oleh perusahaan Austria Diamond Aircraft, dan satu King Air 360ER buatan Textron Aviation. Pesawat King Air 360ER telah dimodifikasi khusus untuk melakukan misi pengintaian, menurut Militarnyi.

Sebelum ini NAF telah dilengkapi dengan dua helikopter serang T129 ATAK yang canggih. Akuisisi ini menjadikan jumlah total T129 ATAK yang dipesan oleh Nigeria menjadi enam. Dua helikopter pertama telah dikirimkan pada November 2023.

Nigeria menjadi negara asing ketiga yang membeli helikopter Turkiye, setelah Pakistan dan Filipina.

T129 ATAK dilengkapi dengan meriam tiga tabung Alenia Difesa TM-197B dengan amunisi 20mm. Secara eksternal, ada berbagai opsi untuk memasang senjata tambahan. ATAK mempunyai empat cantelan eksternal yang masing-masing dapat menampung berbagai persenjataan. Salah satu pilihannya adalah memasang 38 roket kaliber 81mm atau 76 roket kaliber 70mm.

Sebagai alternatif, helikopter ini dapat dilengkapi dengan senapan mesin 12,7 mm, yang menambah kemampuan anti-infanteri dan penekan kendaraan ringan pada repertoarnya. Untuk pertempuran anti-lapis baja,

ATAK dapat dipersenjatai dengan delapan rudal AGM-114L Hellfire atau rudal BGM-71 TOW. Selain kemampuan serangan daratnya, ATAK dapat membawa dua rudal udara ke udara AIM-92 Stinger, yang menyediakan sarana untuk menyerang dan menetralisir pesawat musuh.

-Poetra-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *