Haulotte Perkenalkan Rantis HUTP di SOFINS 2019 Perancis

ANGKASAREVIEW.COM – Haulotte Equipment, sebuah perusahaan asal Perancis memperkenalkan kendaraan taktis (rantis) untuk pasukan khusus dalam penyelenggaraan SOFINS (Special Operations Forces Innovation Network Seminar) yang berlangsung di Camp de Souge, Perancis pada 2-4 April 2019. Dinamai Haulotte Ultra-Light Tactical Platform (HUTP), rantis ini tersedia dalam dua versi perpenggerak 4X4 dan 6X6.

Tautan lain: Rantis Patriot 4×4 dari Ceko, Pesaing L-ATV Amerika dan Typhoon Rusia

Sobat AR, melansir armyrecognition.com, HUTP dirancang dan dikembangkan untuk digunakan oleh pasukan khusus dalam operasi penyusupan lewat udara maupun amfibi (diseberangkan lewat air). HUTP dapat dimasukkan ke dalam perut pesawat angkut C-160 Transall atau digantung di luar menggunakan helikopter.

BACA  Kementerian Pertahanan Rusia Segera Terima Dua Heli Angkut Militer Mi-38T

Tautan lain: Bersalin Nama Dari RTD ke Arquus, Perusahaan Asal Perancis Ini Rilis Kendaraan Pasukan Khusus

HUTP dirancang memiliki bobot seringan mungkin. Kendaraan tanpa busana ini dibangun menggunakan rangka pipa tubular yang ringan dan kuat. Bobot yang ringan memudahkannya untuk bergerak dengan lincah dan gesit di segala permukaan medan. HUTP mampu beroperasi baik wilayah pegunungan maupun gurun pasir dengan iklim yang ekstrem.

HUTPArmy Recognition

Desainnya yang modular memudahkan HUTP untuk dikembangkan dalam beragam versi sesuai kebutuhan misi. HUTP dapat digunakan sebagai kendaraan serang ringan (LSV), kendaraan penghubung, angkutan logistik, patroli perbatasan, pengintaian jarak jauh serta kendaraan evakuasi korban (CASEVAC).

Tautan lain: MRV 6.2, Rantis Otot Kawat Tulang Besi dari Mercedes-Benz

Rantis HUTP dapat memuat hingga empat orang prajurit dan dapat membawa muatan dengan kisaran 1.200-1.700 kg. Dapur pacunya menggunakan mesin diesel kapasitas 2.100 cc dan dilengkapi trasmisi otomatis. Kecepatan laju maksimumnya mencapai 150 km/jam dengan jangkauan operasi sejauh 1.300 km.

BACA  5 Bulan Terjadi 50 Pelanggaran Udara di Wilayah Natuna, Kohanudnas Minta Singapura Perhatikan Izin Melintas

Tautan lain: AD Korea Selatan Tampilkan Rantis Pemburu Tank K-153C Di DX Korea 2018

Untuk persenjataan bela diri dan bertempur, HUTP dapat dilengkapi dudukan beragam senjata. Di antaranya senapan mesin kaliber 7,62 mm, 12,7 mm, atau pelontar granat otomatis AGL 30 mm. Tersedia juga empat tabung pelontar granat asap untuk melarikan diri saat terjebak dalam sebuah pertempuran.

Tautan lain: AMZ Tur VI, Sang Banteng Baja Asal Polandia

Sobat AR, mengenai Haulotte Equipment (dulu Pinguely-Haulotte) lebih dikenal sebagai pembuat platform kerja udara untuk keperluan pekerjaan atau perawatan bangunan tinggi. Sebelum membuat rantis, Pinguely-Haulotte pernah memasok crane untuk militer Perancis pada pertengahan 1990-an.

BACA  Inggris Rancang Seragam Tempur Masa Depan Prajurit Militernya

Rangga Baswara Sawiyya

 

editor: raider

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *