Terus berinovasi di tengah kesulitan, militer Ukraina sukses uji robot tempur D-21-11 buatan dalam negeri

D-21-11 UGVMykhailo Fedorov

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Di tengah kesulitan pendanaan perang dan makin berkurangnya pasokan dari negara NATO, industri pertahanan dan lembaga riset di Ukraina terus berinovasi menciptakan peralatan perang yang dapat digunakan oleh militer negara tersebut untuk berperang melawan Rusia.

Belum lama ini, sebuah kendaraan darat tanpa awak (UGV) yang diberi nama D-21-11 sedang diuji oleh tentara Ukraina, ungkap Menteri Transformasi Digital Ukraina, Mykhailo Fedorov.

Sistem ini dibuat sebagai bagian dari cluster teknologi pertahanan Brave1, situs Militernyi melaporkan (5/1).

Menurut Mykhailo Fedorov, D-21-11 akan digunakan tentara untuk melakukan operasi pengintaian, logistik, dan penyerangan atau pertahanan.

D-21-11 juga dapat dilengkapi dengan stasiun senjata yang dioperasikan dari jarak jauh (RCWS) dengan persenjataan yang bervariasi.

Ditambahkan, turret yang disebut sebagai D-11, dipersenjatai dengan senapan mesin, telah lulus uji sukses dan mendapat tanggapan positif dari militer.

Saat ini, pengembang berencana untuk mengintegrasikan senjata jenis NATO ke dalam turret dan memperkuat ketahanan terhadap peperangan elektronik musuh (jamming).

Namun belum diungkapkan, kapan D-21-11 akan memulai debut tempurnya untuk melawan pasukan Rusia.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *