Militer Rusia terima tambahan helikopter Ka-52M canggih

Ka-52MMoD
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Militer Rusia telah mendapatkan tambahan helikopter serang dan pengintai terbaru yang canggih, Ka-52M.

Ini adalah helikopter hasil peningkatan kapabilitas terbaru yang dikirimkan ke pasukan Rusia, kata sebuah sumber di industri Rusia.

Boeing_contoh2

“Helikopter Ka-52M pertama telah diserahkan kepada pasukan Rusia. Pengiriman helikopter yang ditingkatkan juga akan dilanjutkan pada tahun 2023,” kata sumber itu dikutip TASS.

Sekitar sepuluh unit helikopter akan dipasok untuk penerbangan tentara Rusia tahun ini, lanjutnya.

Sebelumnya pada 3 September 2022 Airspace Review memberitakan, Angkatan Bersenjata Rusia telah mengerahkan helikopter pengintai/serang Ka-52M yang ditingkatkan dalam operasi militer khusus mereka di Ukraina.

Sumber industri pertahanan Rusia mengatakan, Ka-52M menjalani uji coba negara dan militer di Ukraina.

“Saat ini, Ka-52M sedang menjalani uji coba negara dan militer telah membuat keputusan untuk menguji tempur yang ditingkatkan dalam operasi khusus. Helikopter telah membuktikan nilainya dalam tindakan,” ujar sumber yang tidak disebutkan namanya, 2 September 2022.

Hasil dari pengerahan heli tersebut di Ukraina kemudian dievaluasi untuk penyempurnaan lebih lanjut.

Ka-52M merupakan versi upgrade dari helikopter serang Ka-52 Alligator.

Persenjataan rudal Ka-52M telah distandardisasi dengan rangkaian senjata canggih helikopter Mi-28NM lainnya.

Ka-52M dilengkapi dengan stasiun radar array bertahap baru dan rudal jarak jauh. Prototipe tempur yang ditingkatkan melakukan penerbangan debutnya pada 10 Agustus 2020.

Desain KA-52M menampilkan solusi teknis terbaik, yakni sistem akuisisi dan identifikasi target optoelektronik jarak jauh yang distabilkan gyro, panduan drive digital baru untuk meningkatkan akurasi bidikan senjata, roda sasis baru dengan peralatan pemecah cakram, dan ban pesawat yang lebih tahan aus. Selain itu, heli menggunakan mesin baru VK-2500.

Kontrak pengadaan Ka-52M telah ditandatangani antara Kementerian Pertahanan Rusia dengan pihak produsen heli ini, yakni Russian Helicopters, bagian dari Rostec.

-JDN-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *