Pakistan inginkan jet tempur siluman J-31 dari China untuk gantikan armada F-16

FC-31Wikipedia
ROE

AIRSPACE REVIEW (airspace-review.com) – Pakistan terus memodernisasi angkatan udaranya, menyusul akuisisi 20 unit Chengdu J-10C Vigorous Dragon. Pakistan juga telah memiliki 149 unit JF-17 Thunder.

Kini dilaporkan, Islamabad bermaksud memulai negosiasi dengan Beijing untuk akuisisi jet tempur siluman J-31.

Boeing_contoh2

Rencana akuisisi tersebut dikonfirmasi oleh Panglima Angkatan Udara Pakistan Marsekal Zahir Ahmed Babar belum lama ini.

“Pekerjaan dasar telah dilakukan untuk akuisisi pesawat tempur siluman J-31, yang siap menjadi bagian dari armada PAF dalam waktu dekat,” ungkap Ahmed dilansir Bulgarian Military (3/1).

Menurut analis India, Islamabad menginginkan jet tempur siluman China tersebut untuk menggantikan armada F-16 Angkatan Udara Pakistan (PAF) yang sudah tua.

Saat ini, 75 unit keluarga Fighting Falcon termasuk F-16A, F-16B, F-16C, dan F-16D berada dalam pelayanan dengan PAF.

Bersama dengan mereka, 87 jet tempur Dassault Mirage 3 dan 92 Dassault Mirage 5, merupakan inti dari penerbangan tempur gaek Pakistan.

Beberapa dari pesawat ini telah diperbaharui dan masih terbang. Namun, semuanya rencananya akan digantikan oleh pesawat tempur yang lebih baru.

Mengenai permintaan J-31 Pakistan ini, belum ada tanggapan atau konfirmasi dari pihak resmi terkait dari China Tak jelas berapa unit yang akan diakuisisi dan jadwal pengirimannya.

Untuk diketahui, jet tempur J-31 ini sedang dalam pengembangan oleh pabrik pesawat Shenyang, dan belum masuk jalur produksi.

Shenyang juga tengah disibukkan dalam proses pengembangan J-31 varian kapal induk yang disebut sebagai J-35.

Tergolong sebagai jet tempur generasi kelima, J-31 akan menjadi pesaing langsung dari Lockheed Martin F-35 Lighting ll buatan Amerika Serikat.

-RBS-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *